Pabrik Kayu Terbakar, Butuh Lima Jam Padamkan Api

Petugas tengah memadamkan api yang membakar pabrik kayu CV Prima Karya Sejahtera di kawasan Tawangsari, Wonosobo Minggu (10/5/2020) dini hari. (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Kebakaran hebat terjadi di pabrik pengolahan kayu di Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Wonosobo Minggu (10/5/2020) dini hari. Belum diketahui penyebab kebakaran yang menghanguskan hampir seluruh bagian pabrik itu. Butuh waktu 5 jam untuk memadamkan kobaran api.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo Sabarno mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 00.30. Pabrik pengolahan kayu CV Prima Karya Sejahtera yang terbakar tersebut milik Herianto warga setempat.

“Awalnya kami menerima laporan dari perusahaan bahwa terjadi kebakaran. Dengan membawa dua mobil damkar dan dua mobil suplai air kami langsung menuju lokasi kejadian,” katanya saat dikonfirmasi.

Dengan menggunakan empat mobil tersebut, pihaknya baru bisa menjinakkan api setelah berjibaku selama lima jam. Banyaknya tumpukan kayu kering di dalam ruang oven itu sangat menyulitkan petugas dalam memadamkan luapan api.

“Kobaran api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 05.30. Kebakaran tersebut menghanguskan satu ruang oven kayu,” bebernya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material ditaksir mencapai Rp 100 juta. Dirinya menjelaskan hingga saat ini belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Diduga kebakaran akibat kebocoran oli pada blower oven pengering kayu yang memunculkan percikan api di dalam oven.

“Percikan api tersebut kemudian membakar kayu yang kering dan akhirnya menghanguskan isi serta bangunan oven pengering kayu,” lanjutnya.

Akibat kebakaran tu, nyaris seluruh bangunan habis dilalap si jago merah. Hanya menyisakan beberapa persen bangunan yang ada di sana. “Kerusakan akibat kebakaran itu hingga 80 persen,” pungkasnya. (git/lis/bas)





Tinggalkan Balasan