Longsor, Akses ke Watumalang Nyaris Lumpuh

Warga Bersama relawan saat memasang pembatas untuk menutup jalan utama penghubung Kecamatan Watumalang yang longsor. (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Tebing setinggi 350 meter yang berada di Desa Koripan, Watumalang longsor pada Selasa (17/3/2020) siang. Akibat dari longsor itu, akses jalan menuju Watumalang nyaris lumpuh.

“Karena kita takut terjadi longsoran susulan maka antisipasi yang kita lakukan dengan menutup jalan. Khususnya untuk kendaraan roda empat atau kendaraan bertonase tinggi,” terang salah satu relawan kebencanaan Oni Wiyono. Langkah penutupan jalur terpaksa dilakukan karena longsor hampir memakan seluruh badan jalan.

Belum diketahui secara pasti terkait penyebab terjadinya longsor. Pasalnya saat kejadian kondisi di Desa Koripan belum turun hujan. Oni menduga karena adanya saluran pipa air bocor serta banyaknya sumber mata air di sekitar lokasi kejadian.

“Kondisinya saat itu baru mendung saja. Kemudian setelah longsor itu terjadi, ada pipa air besar yang ikut terputus. Dan beberapa mata air yang kita lihat muncul dari dalam tebing. Mungkin karena itu,” duga Kepala Seksi Trantib Kecamatan Watumalang tersebut.

Yang lebih mengkhawatirkan, menurutnya, tak jauh dari lokasi longsor terdapat permukiman warga. Ada puluhan warga yang tinggal tepat di atas bahu jalan terdampak. Ia mengimbau kepada warga untuk berhati hati dan selalu waspada.

Saat ini, khusus untuk kendaraan roda dua dan pejalan kaki masih diperbolehkan. Sementara kendaraan roda empat dan kendaraan bertonase tinggi sementara dialihkan memutar. Bagi kendaraan yang hendak melintas dari arah Wonosobo bisa memutar lewat Desa Wonoroto, Kelsem, Watumalang. Sementara untuk yang dari Watumalang ke Wonosobo bisa melalui jalan di Desa Krinjing, Dero Duwur, Mojotengah. (git/ton/bas)

 

Tinggalkan Balasan