Diterjang Angin, Atap Puluhan Rumah Hancur

Warga sedang memperbaiki atap-atap rumah di Desa Tlogojati yang rusak diterjang becana angin putting beliung. (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Dusun Windusari, Desa Tlogojati merusak puluhan rumah. Sedikitnya 33 rumah mengalami kerusakan yang cukup parah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Menurut Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo Zulfa AAK, hujan deras mengguyur sekitar pukul 20.00 malam. Tak berselang lama, disusul adanya angin kencang yang langsung merusak beberapa rumah warga. “Jadi kejadiannya itu hanya sekitar 15 menit saja. Jadi memang relatif singkat. Tapi ternyata dampaknya cukup besar,” katanya.

Dari hasil pendataan yang dilakukan, setidaknya terdapat 33 rumah warga yang ikut terdampak itu, sembilan diantaranya mengalami rusak sedang. Sementara 22 lainnya mengalami rusak ringan.

“Sebagian besar itu atap rumah yang rusak. Ini karena memang sebagian besar rumah di sana beratap menggunakan asbes dan seng. Jadi saat terjadi hujan dan angin itu mudah terlempar,” lanjutnya.

Sementara ini, warga yang terdampak lebih memilih untuk tinggal di rumah saudaranya sembari menunggu rumahnya kembali direnovasi. Namun bagi yang mengalami kerusakan ringan tetap tinggal di dalam rumah. “Jadi ada yang memang langsung bisa diperbaiki. Mereka tidak perlu mengungsi ke tetangga atau saudaranya,” akunya. (git/ton/bas)





Tinggalkan Balasan