Intensitas Hujan Tinggi, Longsor Terjang Sembilan Kecamatan

Warga melewati jalan yang tertutup longsor akibat hujan deras terus-menerus (4-5/3/2020) di wilayah Kabupaten Wonosobo. (BPBD for RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo –  Longsor terjadi di sembilan wilayah kecamatan di Kabupaten Wonosobo Kamis (5/3/2020). Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo Zulfa AAK mengaku sempat kewalahan saat tanah longsor menerjang sejumlah daerah. Dengan intensitas waktu yang hampir bersamaan. Pasalnya, hujan yang terjadi dalam dua hari terus mengguyur hampir di semua daerah tanpa henti.

“Hujan terjadi di hari Rabu dan Kamis kemarin. Namun dampak dari hujan deras yang terjadi selama kurang lebih 48 jam itu mengakibatkan rusaknya sejumlah rumah warga. Akses jalan tertutup dan pohon tumbang melintang di jalan raya,” ungkapnya.

Sembilan kecamatan terdampak langsung tanah longsor dan pohon tumbang yakni Kecamatan Kejajar, Kalikajar, Sapuran, Watumalang, Wadaslintang, Leksono, Sukoharjo, Selomerto dan Wonosobo. “Dari 9 kecamatan yang terdampak itu ada puluhan rumah yang ikut terdampak. Mulai dari yang rusak ringan maupun rusak berat,” lanjutnya.

Beruntung ketika terjadi tanah longsor warga sigap. Sehingga dari banyaknya titik longsor di sejumlah daerah tidak ada korban jiwa. Saat ini, seluruh tim di bawah kepemimpinannya masih terus melakukan  berkoordinasi dengan berbagai pihak. Dengan malakukan suplai bantuan logistik dan gotong royong pembersihan material. Serta pembukaan akses jalan dan memasang garis pengaman serta mengimbau warga yang terdampak dan sekitarnya untuk makin meningkatkan kewaspadaan. (git/lis/bas)

 





Tinggalkan Balasan