alexametrics

Empat Orang Konsultasi Jalur Perseorangan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonosobo mulai membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati (Bacabup) untuk jalur perorangan. Sampai saat ini sudah ada empat orang yang melakukan konsultasi ke KPU terkait prosedur pendafataran jalur perseorangan.

Ketua KPU Wonosobo Asma Khozin menjelaskan, jalur perorangan masih diminati sejumlah tokoh yang hendak berlaga di Pilkada. Selain dari jalur perseorangan, calon juga bisa maju lewat jalur partai politik.

“Makanya saya berharap jauh-jauh hari pada mereka yang hendak mencalonkan diri lewat jalur perorangan agar bisa lebih fokus. Misalnya terkait jumlah (dukungan), saya harap bisa lebih dari yang ditentukan. Sehingga saat verifikasi faktual bisa lolos lebih awal,” jelasnya, Kamis (9/1).

Baca juga:  Golkar Targetkan Menang

Untuk bisa lolos pendaftaran, bacabup setidaknya butuh 50.933 dukungan warga. “Dukungan itu minimal dari KTP yang ditempel dalam satu formulir. Kemudian diakumulasi per desa. Ditandatangani oleh masing-masing paslon yang diusung lewat jalur perorangan,” jelas Khozin.

Selain memenuhi jumlah minimal, dukungan juga harus menyebar merata. Asal pendukung minimal berasal dari 8 kecamatan di Wonosobo. “Pada tanggal 23 Februari mendatang proses ini sudah harus selesai. Tinggal kita melakukan verifikasi pada KTP yang sudah tertandatangani itu,” katanya.

Sementara di Kota Magelang, belum ada satupun warga yang berminat mengambil jalur perseorangan. Hingga kemarin, ada satupun pihak yang berkonsultasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang mengenai tata cara pencalonan.

Baca juga:  Lima Pencuri Terjaring Opserasi Sikat Jaran Candi

“Kalaupun ada yang bertanya, itu hanya via telepon ke saya, menanyakan tentang syarat-syaratnya. Saya jawab agar ke kantor KPU saja. Nyatanya hingga saat ini tidak ada yang datang untuk konsultasi. Yang bertanya melalui telepon orang dari luar Kota Magelang,” kata Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amran, Kamis (9/1).

Saat disinggung mengenai sepinya jalur perseorangan imbas dari rumitnya persyaratan, Basmar menampiknya. Justru, kata Basmar, dalam pilkada tahun 2020 ini jalur perseorangan lebih mudah. “Kalau dalam pilkada periode lalu, syarat dukungan jalur perseorangan kan 10 persen dari jumlah penduduk Kota Magelang. Kalau sekarang, justru lebih sedikit yakni 10 persen dari DPT. Harusnya jalur perseorangan bisa muncul seperti periode sebelumnya,” ucapnya.

Baca juga:  Bacabup Demak H Mugiyono Kantongi Dukungan Kades se-Demak

Imbas dari adanya perubahan dari PKPU Nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan PKPU Nomor 15 tahun 2019, disebutkan bahwa penyerahan dukungan perseorangan semula dilaksanakan bulan November 2019 direvisi menjadi 19-23 Februari 2020. Sedangkan verifikasi persyaratan semula Desember 2019 menjadi 19 Februari-24 April. (git/had/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya