alexametrics

Polres Wonosobo Batasi Kendaraan Besar ke Dieng

Antisipasi Macet

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO Petugas gabungan Satlantas Polres Wonosobo dan Dinas Perumahan Permukiman Kawasan dan Perhubungan (Disperkimhub) melakukan kontrol pada kendaraan bermuatan di terminal Kalianget Kamis (26/12). Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi zero accident saat memasuki libur Natal dan tahun baru (Nataru).

“Ini kita lakukan pada kendaraan yang akan memasuki kawasan Dieng. Bagi kendaraan yang membawa penumpang dan muatan berat. Kita pemeriksa kelaikan kendaraan,” terang Kepala Disperkimhub Bagyo Sarastono.

Dia menjelaskan memasuki libur nataru, jalan menuju kawasan Dieng diprediksi akan meningkat. Utamanya bagi kendaraan roda dua maupun empat. Oleh karenanya, kendaraan seperti mikrobus dan truk yang bakal melintas ke kawasan Dieng wajib dalam keadaan normal.

Baca juga:  Lelah Terbayar Pesona Curug Bajing

Senada dengan hal tersebut, Kasatlantas Polres Wonosobo AKP Putri Nur Cholifah mengatakan jalur menuju kawasan Dieng diprediksi mengalami kemacetan. Utamanya pada wilayah keramaian. Seperti jalan di Pasar Garung, Pasar Kejajar. Serta di sekitar gardu pandang yang kontur elevasi jalan hingga 15 persen.

“Untuk itu kita antisipasi sejak awal dengan membatasi bagi kendaraan menuju arah wisata Dieng. Yaitu untuk bus berskala besar tidak diperbolehkan melintas. Sehingga diwajibkan transit di terminal Kalianget dan diganti dengan mikrobus yang berjumlah 16 seat saja,” katanya.

Dikatakan, untuk titik kemacetan biasanya terjadi di simpang tiga Dieng. Berdasarkan data di tahun lalu, kemacetan akibat membeludaknya jumlah wisatawan yang pergi ke Dieng bahkan hingga sampai Tuk Bimolukar.

Baca juga:  Sektor Perdagangan dan Wisata Harus Sinkron

Jalan tersebut merupakan daerah yang berada di tanjakan atau kemringan. Sehingga apabila ada trouble akibat kurang siapnya kendaraan bisa mengakibatkan kecelakaan bahkan fatalitas. (git/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya