alexametrics


Kades Harus Fokus di Kemiskinan

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO – Bupati Wonosobo Eko Purnomo melantik 40 kepala desa (kades) baru periode 2019 – 2025. Dalam sambutannya, Eko meminta para kades terpilih untuk lebih fokus tangani kemiskinan.

Menurutnya saat ini yang penting untuk dikerjakan kades itu mengurangi tingkat kemiskinan. Hal ini berdasar pada laporan tahunan sebelumnya menyatakan kondisi zona merah kemiskinan berada di desa. “Hari ini saya akan langsung memberikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kepada 40 kades terpilih,” ungkap Eko saat pelantikan yang dilangsungkan di Gedung Adipura Wonosobo, Senin (16/12).

DTKS ini akan berfungsi sebagai alat ukur pengentasan kemiskinan di desa. Sebab berisi tentang besaran data warga miskin di wilayah kerjanya. Hal ini dimaksudkan agar dalam memimpin, para kades tidak melenceng jauh dari upaya pengentasan kemiskinan. “Kami juga memberikan laporan kinerja desa periode tahun sebelumnya. Supaya program program kegiatan desa dapat lebih difokuskan. Pada upaya-upaya pengentasan kemiskinan secara terintegrasi dan berkelanjutan,” bebernya.

Kabag Pemerintahan Setda Wonosobo Tono Prihantono mengatakan, kades yang dilantik merupakan hasil pilkades serentak pada Oktober lalu. Ini merupakan pilkades serentak gelombang ketiga atau terakhir.

“Seluruh desa di Kabupaten Wonosobo sejumlah 236 desa, telah melaksanakan tahapan Pilkades Serentak sejak berlakunya undang-undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa,” kata Tono. (git/ton)

Terbaru

Populer