alexametrics

Perintahkan Jalan ke Galian C Diportal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta tindak tegas usaha ilegal galian di Kabupaten Wonosobo. “Bahkan kalau perlu diportal saja jalannya. Biar tidak bisa lewat (kendaraan tambang),” tegasnya saat mengunjungi korban angin kencang di Desa Banyumudal Sapuran Selasa (29/10) sore.

Ganjar meminta masyarakat juga ikut aktif dalam mendorong penyelesaian masalah galian ilegal itu. Sebab ia melihat peran masyarakat masih besar pengaruhnya. “Makanya kalau masyarakat juga ikut membantu. Tentu kita lebih cepat menangani soal itu,” lanjutnya.

Gubernur mengatakan kepolisian dapat menindak usaha penambangan ilegal ini. Sebab semua berkewajiban ikut menjaga lingkungan. “Iya kepolisian bisa banget. Bisa banget (menindak),” imbuhnya.

Baca juga:  Mahasiswa Tuntut Pencabutan IPL Penambangan Wadas

Sementara itu, Bupati Wonosobo Eko Purnomo juga merasa prihatin dengan maraknya galian C. Masyarakat hanya menerima dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan dari galian C.

Namun sayangnya, hingga saat ini pihaknya mengaku tak bisa berbuat lebih. Pasalnya hal tersebut berkaitan dengan tata ruang yang menjadi kewenangan provinsi. Sementara dari kabupaten hanya menyiapkan perda tata ruangnya.

“Jadi soal izin dan sebagainya itu kewenangan provinsi,” lanjutnya saat ditemui di Desa Candiyasan.

Sekda Kabupaten Wonosobo One Andang Wardoyo mengungkapkan untuk meredam persoalan yang muncul terhadap galian C liar di Wonosobo, Pemkab akan melakukan pola penyelesaian yang komprehensif. Dengan mengundang pihak-pihak terkait. Sebab masalah galian C juga perlu memperhatikan aspek kepentingan masyarakat kecil yang menggantungkan hidupnya dari sektor itu.

Baca juga:  Ketahuan, Uang Palsu Rp 1,5 Juta Dibakar

Andang menjelaskan sejumlah kajian terkait masalah galian C di Kabupaten Wonosobo pernah dilakukan. Hasil kajian tersebut nantinya akan dijadikan dasar untuk memperkuat review terhadap perda RTRW.

“Kita sudah punya cukup kajian. Salah satunya kajian geolistrik. Nanti itu kita jadikan dasar memperkuat review RTRW,” pungkasnya. (git/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya