alexametrics

Puluhan Homestay di Dieng Tak Berizin

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO – Banyaknya wisatawan yang datang ke Dieng membuat usaha penginapan menjamur. Sayangnya, dari sejumah usaha tersebut, banyak yang belum memiliki tanda daftar usaha pariwisata (TDUP).

Dari 80 pondok wisata (homestay) di Desa Dieng Wetan dan Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, ternyata baru 51 yang telah memiliki TDUP.

Hal tersebut diketahui, setelah dalam dua hari terakhir tim penegakan perda Satpol PP Kabupaten Wonosobo melakukan penertiban terhadap puluhan homestay di kedua desa tersebut. Kepala Seksi Operasi dan Penindakan Satpol PP Musafak menyebut adanya temuan di lapangan tersebut telah ditindaklanjuti dengan imbauan kepada pemilik 28 homestay agar secepatnya mengurus TDUP.

“Operasi penertiban ini dalam rangka penegakan Perda Nomor 7 Tahun 2018 tentang Usaha Pariwisata yang kami gelar selama dua hari terakhir,” tutur Musafak saat ditemui di mako Satpol PP Rabu (16/10).

Baca juga:  Kesadaran Prokes Warga Menurun

Pemeriksaan terhadap dokumen kepemilikan usaha pondok wisata oleh para petugas, disebut Musafak, menemukan masih ada 28 pemilik homestay yang belum melengkapi perizinan. Atau 35 persen dari jumlah 80 homestay.

Pemilik usaha homestay menurutnya juga kooperatif dengan petugas dan telah bersedia menandatangani surat pernyataan untuk secepatnya mengurus TDUP-nya. “Kepada pemilik homestay yang masih harus melengkapi TDUP, kami juga memberikan informasi mereka dapat mengurus secara kolektif maupun perseorangan,” jelas Musafak.

Selama dua hari operasi penertiban, Musafak juga menyebut pihaknya menerjunkan 15 personel. “Selain untuk menegakkan perda, kegiatan ini juga diharapkan mampu mendorong pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata,” pungkasnya. (git/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya