Pilih Pemimpin yang Mumpuni

304

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO – Mencari sosok pemimpin yang memiliki kapasitas unggul di desa sudah menjadi kebutuhan. Sebab maju dan tidaknya sebuah desa bisa dilihat dari cara berpikirnya pemimpin tersebut. Bukan dilihat dari berapa besar uang yang diberikan ke masyarakat saat akan dipilih.

“Saat ini dibutuhkan pemimpin desa yang mampu membawa perubahan lewat inovasi dan kreativitasnya. Sehingga bisa menjadi lebih baik,” terang Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Wonosobo Suwondo Yudhistiro.

Menurutnya, kebutuhan untuk mencari pemimpin yang memiliki SDM unggul sangatlah perlu. Mengingat tantangan di era kontemporer saat ini sangat berat. Terlebih terkait dengan UU Desa, yang mengatur banyak ragam. Mulai dari keuangan dan aset desa.

“Maka ini diperlukan figur yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas. Jadi bukan sekadar maju karena dianggap prestis saja,” tuturnya mengenai sosok ideal pemimpin desa.

Hal tersebut menurutnya bisa dibuktikan dengan kepala desa yang memiliki SDM unggul itu bisa melakukan perubahan dengan cepat. “Kita lihat misalnya di desa Umbulharjo, Bantul, Jogjakarta. Kemudian di Ponggok, Klaten. Ternyata mampu memberi inovasi sehingga bisa meningkatkan pendapatan asli desa (PAD). Dan itu miliaran angkanya,” lanjut Suwondo.

Menurutnya hasil penelitian dari bagian pemerintahan Wonosobo tahun 2018 menunjukan 75 persen keberhasilan desa oleh faktor kepemimpinan desa. Ini yang menurutnya peran desa menjadi sangat strategis. Oleh karenanya, komisi yang memang membidangi pemerintahan ini berharap bahwa masyarakat mampu memilih calon kepala desa yang mumpuni. Bukan karena banyaknya uang yang dibagian ke masyarakat saat akan mencalonkan diri di momentum pilkades.

Diketahui,  Rabu (9/10) besok Pemkab Wonosobo akan menggelar pilkades serentak gelombang ketiga. Setidaknya sebanyak 40 desa di 15 kecamatan akan mengikuti perhelatan demokrasi di tingkat desa itu. Agar berjalan dengan baik, DPRD  meminta tidak menjadikan pilkades sebagai ajang pertaruhan atau perjudian. (git/lis)