alexametrics

Optimalkan Informasi, Wonosobo Launcing WEB TV

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Wonosobo terus mengoptimalkan persebaran informasi melalui saluran media. Kali ini, Diskominfo menyalurkan prestasi pembangunan pemerintah lewat saluran resminya di WEBTV.

Kepala Diskominfo Kabupaten Wonosobo Eko Suryantoro mengatakan pihaknya memandang perlu untuk mengoptimalkan saluran komunikasi publik yang telah dimiliki. Kominfo berusaha melakukan beberapa inovasi dalam upayanya meningkatkan layanan publik pada masyarakat. Salah satunya membuat kanal  saluran media massa berupa TV streaming, dengan nama Wonosobo Electronic Broadcasting Televisi (WEBTV) di beberapa media sosial.

Inovasi layanan publik berupa pengelolaan TV streaming ini menurutnya sejalan dengan tata kelola pemerintahan (governance). Tidak dapat dilepaskan dari prinsip-prinsip dasar penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Yaitu transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas sebagai unsur utama. Good governance dianggap sebagai elemen penting untuk menjamin kesejahteraan nasional (national prosperity), dengan cara meningkatkan akuntabilitas, reliabilitas (kehandalan), dan pengambilan kebijakan.

Baca juga:  Penghapusan Tenaga Honorer Bikin Waswas

“Prinsip transparansi, partisipasi, akuntabilitas dan koordinasi sebagai faktor kunci tata kelola pemerintahan yang baik,” katanya dalam kesempatan mempromosikan WEBTV di Gelaran Informasi Daerah (GID) baru-baru ini.

Keempat prinsip kunci tersebut menurutnya yang mendasari lahirnya WEB TV. “Selama ini banyak dokumen utamanya dokumentasi audio visual yang belum terkelola dengan baik dan terpublikasikan. Karena hasil dokumentasi hanya menumpuk di berkas dokumen (penyimpanan elektronik) sehingga nilai kemanfaatan belum optimal,” lanjutnya.

Dengan hadirnya WEBTV, sebagian besar dokumentasi langsung diproduksi dan disiarkan melalui kanal yang ada. Selain segera dipublikasikan, berkas dokumen yang tersimpan sudah dalam bentuk file jadi sehingga pada saat dibutuhkan tinggal mengambil (lebih cepat, efektif, praktis dan efisien).

Baca juga:  2.422 Percobaan Serangan Siber, Dua Kali Diretas

Ditambahkan kehadiran WEBTV merupakan hal yang baru. Dengan konten yang lebih segar. Seperti program ‘Harta Karun Negeri Langit’. Program ini liputan potensi alam, budaya dan SDA yang dimiliki Kabupaten Wonosobo. Serta beragam jenis liputan yang lainya yang dikemas dalam sembilan program unggulan lainya. “Hal itu tidak lain untuk terus mendorong masyarakat dan para wisatawan agar lebih mengenal lebih jauh tentang Wonosobo,” katanya.

Pengelolaan TV streaming bisa diterapkan di semua OPD, selama ada keseriusan dan komitmen dari semua pihak. Terlebih OPD punya PPID yang juga dituntut lebih terbuka dan optimal dalam memberikan layanan publik berupa informasi dan dokumentasi pada masyarakat. (git/adv/lis)

Baca juga:  Gedung Baru, Kinerja Dituntut Maju

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya