alexametrics

Dukung Predikat Sekolah Sehat dengan Kebiasaan Perilaku Bersih

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO – Pembiasaan perilaku bersih harus ditanamkan sejak dini kepada para siswa. SMPN 1 Selomerto meluncurkan sejumlah program untuk mendukung predikat sebagai Sekolah Sehat Nasional.

Kepala SMP Negeri 1 Selomerto Ngatiman mengatakan, ia tengah gencar untuk menerapkan kebiasaan Gosok Gigi-Potong Kuku-Cuci Tangan-Cuci Telinga (Gogi Poku-Cuta Cute). “Program ini adalah program pembiasaan perilaku sehat bagi warga sekolah,” terangnya setelah melaksanakan program Gogi Poku Cuta Cute yang bertempat di halaman SMP Negeri 1 Selomerto, Kamis (12/9).

Program tersebut dilaksanakan bagi peserta didik, guru, karyawan, kepala sekolah dan warga sekolah lainnya agar mereka terbiasa dengan perilaku bersih, yang nantinya akan mencegah masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh. “Apalagi sekolah ini menyandang predikat sebagai sekolah sehat nasional,” terang Ngatiman.

Baca juga:  SMP 36 Menuju Sekolah Sehat

Program ini dicanangkan bersamaan dengan kegiatan Kamis Sehat, dengan jenis kegiatan Gosok gigi massal, potong kuku massal, cuci tangan massal dan bersihkan tangan massal. “Kegiatannya nanti terimplementasikan ke dalam pembelajaran sehari-hari, kegiatan sehari-hari di sekolah. Dan diharapkan menjadi pembiasaan diri peserta didik di rumah serta bisa menularkan kebiasaan baik ini kepada lingkungan sekitar,” jelas Ngatiman.

Selain program GoGi PoKu-CuTa CuTe, Ngatiman juga menyampaikan bahwa SMP Negeri 1 Selomerto juga sudah melaksanakan kegiatan pendukung pendidikan lainnya. Seperti peningkatan karakter nasioanalisme melalui Upacara Bendera yang dilaksanakan setiap Senin. Program keagamaan melalui tadarus Alquran bersama yang dilaksanakan 15 menit pertama masuk setiap Selasa sampai Sabtu.

Baca juga:  Tarik Ulur Jelang Penutupan

Program literasi yang dilaksanakan Senin sampai Sabtu selama 15 menit usai tadarus. Kamis di minggu 1 dan 3 dilaksanakan 40 menit Kamis Sehat, Kamis di minggu 2 dan 4 dilaksanakan Kamis Embun Pagi, salat Dhuha, baca Asmaul Husna dan kultum, dan pada Jumat dilaksanakan 40 menit Jumat bersih dan pengelolaan lingkungan hidup.

SMP Negeri 1 Selomerto yang terletak di Desa Plobangan Kecamatan Selomerto ini juga sarat dengan prestasi di bidang lingkungan dan kesehatan sekolah. Seperti juara 3 Sekolah Sehat Nasional, Sekolah Adiwiyata Nasional, penerima penghargaan lingkungan dari Unnes Green School Award (GSA). “Selain penghargaan di atas, sekolah ini sekarang sedang menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri,” jelas Ngatiman. (git/ton)

Baca juga:  Lebarkan Jalan Jadi 5 Meter

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya