alexametrics

Bentuk Enam Fraksi, Siapkan Pokja Pansus

Rapat Perdana DPRD Kabupaten Wonosobo

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wonosobo periode 2019-2024 yang baru dilantik mulai berdinas pada Selasa (27/8). Hari pertama kerja dilakukan dengan rapat perdana DPRD membahas dua persoalan.

“Iya, tadi rapat perdana untuk pembentukan fraksi di DPRD. Ini merupakan rapat perdana setelah dilantik pada 12 Agustus yang lalu,” ujar Wakil Ketua Sementara DPRD Wonosobo Faizun.

Menurutnya rapat membahas beberapa hal berkaitan dengan masalah fraksi-fraksi parpol. Hal tersebut terkait surat yang masuk dari partai untuk membentuk enam fraksi.

Keenam fraksi tersebut ada yang terdiri dari gabungan partai ada yang mandiri. PKB yang memiliki 10 kursi dan Partai Gerindra dengan 6 kursi membentuk fraksi mandiri. Pemenang pemilu PDI Perjuangan yang mendapatkan 11 kursi sebenarnya berhak membentuk fraksi sendiri. Namun PDI Perjuangan mendapatkan tambahan 3 kursi dari PPP yang memilih bergabung. Partai Demokrat yang memiliki 3 kursi bergabung dengan PAN yang punya 2 kursi. Partai Golkar dengan 4 kursi bergabung dengan Perindo yang memiliki 1 kursi. Selanjutnya Partai Nasdem dengan 3 kursi bergabung dengan Partai Hanura yang punya 2 kursi.

Baca juga:  Dinding Kelas Retak, Siswa SD Negeri 2 Pecekelan Terpaksa Belajar Bergantian

Untuk pembahasan selanjutnya, Faizun menyampaikan bahwa dalam rapat juga membahas pembentukan Pokok Kerja (Pokja) Panitia Khusus (Pansus) anggota DPRD untuk membahas tata tertib (tatib) dan kode etik.

“Namun rapat selanjutnya, kita menunggu terlebih dahulu pimpinan DPRD definitif,” terangnya.

Sebelumnya, sebanyak 45 anggota DPRD telah resmi dilantik pada 12 Agustus lalu. Sebelum ada pimpinan resmi, DPRD Kabupaten Wonosobo dipimpin oleh dua pimpinan sementara. Dua orang pimpinan ditunjuk dari dua partai dengan suara terbanyak, yakni PDI Perjuangan dan PKB.

PDIP menunjuk Eko Prasetyo untuk menjadi Ketua Sementara DPRD Wonosobo, sedangkan PKB menunjuk Ahmad Faizun menjadi Wakil Ketua Sementara.

Sementara ini, posisi pimpinan definitif masih menunggu keputusan dari PDI Perjuangan dan Partai Golkar yang belum mengajukan nama untuk menjadi pimpinan. Sementara Fraksi PKB menunjuk M Albar sebagai wakil ketua, dan Partai Gerindra menunjuk Sumardiyo sebagai wakil ketua.

Baca juga:  Pelaku Usaha di Wonosobo Terima Bantuan Rp 1,2 Juta

Para anggota terpilih untuk masa bakti 2019-2024 ini, menurut Faizun, datang dengan semangat. Setidaknya bisa dilihat dari jumlah kehadiran yang mencapai 90 persen. Hanya beberapa anggota yang tidak hadir. “Jika kondisi seperti ini bisa diteruskan, maka tugas ke depan anggota akan lebih mudah untuk diselesaikan,” jelasnya. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya