alexametrics

Keluar dari Barisan Gerak Jalan, demi Tolong Pemulung

Artikel Lain

WONOSOBO, Radarsemarang.Id – Ada yang berbeda saat lomba gerak jalan HUT ke-74 RI yang diadakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Wonosobo Rabu (14/8/2019). Satu regu dari SMPN 1 Wonosobo sempat keluar dari barisan lomba untuk menolong pemulung yang kesusahan mendorong gerobak.

Aksi mulia tersebut dilakukan oleh M Arsal Abisali beserta teman satu regunya saat hendak melintas turunan dan tanjakan di Jalan Jlegong. Menurut Arsal saat regunya sedang mengikuti lomba gerak jalan yang diselenggarakan Disdikpora ini, di tengah perjalanan melihat seorang tengah baya sedang kesulitan membawa gerobak.

“Ada kakek yang pas turun tanjakan dengan gerobak isi barang bekas itu kesulitan. Kami keluar dari barisan dan langsung menolong kakek tersebut,” terang siswa yang masih duduk di kelas VIII D itu.

Baca juga:  Perut Membesar karena Tumor, Antre Operasi Setahun

Sempat canggung untuk menolong sebenarnya, sebab menurutnya regunya masih dalam barisan penilaian lomba. Namun lantaran tak tega, dirinya beserta temannya langsung mengambil inisiatif untuk membantunya. Setidaknya mereka membantu di sepanjang turunan hingga tanjankan Jalan Jlegong. “Ada sekitar 500 meter kita ikut mendorong gerobak itu. Setelah itu lalu kita lanjutkan,” katanya.

Pada saat yang bersamaan, kelompok lain tetap berjalan mendahuluinya. Namun itu tak menghiraukan dan tetap membantu pemulung itu hingga mencapai tanjakan yang cukup tinggi itu. “Seandainya kita lepas sendiri Bapak itu, kasihan. Karena tanjakannya tinggi. Maka kita bantu sampai selesai,” sebutnya.

Meskipun dalam perlombaan tersebut tak menjadi juara. Namun dirinya mengaku puas dengan hasil yang telah diterimanya itu. Diketahui, bahwa para siswa ini sedang mengikuti lomba gerak jalan HUT Kemerdekaan Ke-74 di Kabupaten Wonosobo yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora). Acara tersebut diikuti 512 regu baik tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Kabupaten Wonosobo.

Baca juga:  Rayakan Natal dan Tahun Baru Bareng Anak Difabel

Lomba yang menempuh jarak 6 km untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs dan 8 km untuk tingkat SMA/SMK/MA tersebut diikuti regu putra maupun regu putri. Dalam satu regu terdiri dari 10 orang. Dengan rute start dari Alun-Alun Wonosobo ke arah utara menuju ke Jalan Lurah Sudarto dilanjutkan Jalan Kyai Walik dan finish di Alun-Alun Wonosobo. (git/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya