alexametrics

Tari Bocah Sekolah Juara Satu Jateng 

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO – Tari Bocah Sekolah yang dibawakan kontingen asal Wonosobo meraih juara 1 dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jawa Tengah kemarin (30-31/7) di Semarang. Sehingga akan mewakili Jateng ke tingkat nasional.

Tiga siswa yang membawakan tari Bocah Sekolah tersebut adalah Aristya Manggala Anindita, Raissa Nurmala Putri dan Apta Ramadhani dari SDN 1 Wonosobo. FLS2N tingkat SD Provinsi Jateng digelar di Hall Hotel Puri Garden Semarang.

Ngelmu iku kelakoni kanthi laku. Lekase lawan kas, tegese kas nyatosani, setyo budyo pengekesing dur angkoro,” begitu lantun tembang Pucung yang dibawakan Aristya Manggala Anindita membuka pertunjukan tari. Kemudian bersahutan dengan dua temannya Apta dan Raissa. Tari kreasi ini pada tiap gerakan dan dinamika dialognya menginterpretasikan situasi anak saat belajar.

Baca juga:  Usai Ditetapkan, Langsung Plong!

Pelatih sekaligus pencipta tari kreasi SDN 1 Wonosobo Waket Prasudi Puger mengatakan, tari Bocah Sekolah yang dibawakan tiga siswa tersebut menggambarkan aktivitas belajar anak dengan nilai tradisi budaya Jawa. Gerakan tari dipadukan dengan tembang Jawa.

“Kami melatih olah gerak, rasa dan suara. Tiga hal ini menjadi kekuatan dalam tari kreasi garapan tersebut, selain itu dinamika dunia bermain anak dilekatkan dalam konsep ini, ”tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Sigit Sukarsana mengatakan, target untuk juara di provinsi Jateng sebenarnya untuk dua kategori yakni tari dan menggambar bercerita. “Semoga di masa mendatang cabang seni tari lain bisa meraih target juara satu,” jelasnya. (*/lis)

Baca juga:  Tiga Kontingen Pelajar Wonosobo Sabet Emas di FLS2N

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya