alexametrics

112 Guru dan Tenaga Pendidik Ikuti Diklat Materi Ajar Kurikulum Merdeka

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Sebanyak 112 guru dan tenaga pendidik di Kabupaten Semarang mengikuti diklat dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka. Terutama guru tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Mereka digembleng tentang penulisan bahan ajar. Pelatihan untuk mempersiapkan bahan ajar untuk Kurikulum Merdeka. Kabupaten Semarang merupakan salah satu daerah pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka IKM). “Maka kami dari Dinas Pendidikan melatih para guru untuk membuat bahan ajar,” ujar Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Sekolah Menengah Pertama Disdikbudpora Kabupaten Semarang, Sularsih.

Ia menambahkan, IKM sudah diterapkan pada siswa tahun ajaran baru. Mulai SD hingga SMA. Untuk itu, guru dituntut bisa menyusun bahan ajar yang sesuai dengan kondisi daerah masing-masing.  “Kurikulum Merdeka cenderung mengutamakan kearifan lokal daerah. Jadi menyesuaikan dengan daerah masing-masing,” ujarnya.

Baca juga:  10.740 Lansia Sudah Divaksin, Targetnya 80.943 Orang

Pemkab Semarang mendukung penuh IKM di sekolah. Bahkan, sudah dialokasikan anggaran yang mendukung pelaksanaan IKM. Pihaknya juga melakukan terobosan dengan mengadakan pelatihan bagi guru.  “Harapannya guru bisa mempersiapkan bahan ajar semua mata pelajaran dari mulai kelas tujuh hingga kelas sembilan,” tambahnya.

Sekda Kabupaten Semarang, Djarot Supriyoto mengatakan Pemkab menyambut baik pelatihan tersebut. Dengan begitu, bisa meningkatkan kualitas dan memajukan pendidikan di Kabupaten Semarang. “Bahan ajar menjadi yang penting dalam dunia pendidikan. Guru atau tenaga pendidik memiliki peran yang penting dalam menyusun dan merancang bahan jara,” tambahnya. (nun/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya