alexametrics

Imunisasi Polio Sasar 50 Ribu Anak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Tahun ini, Pemkab Semarang kembali menggelar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Dengan sasaran Kejar IPV Polio Suntik sebanyak 35.195 anak, Kejar OPV imunisasi polio dengan tetes 16.134 balita dan Kejar DPT-HB-Hib untuk 4.264 balita.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Endah Indriarti menjelaskan imunisasi terdiri dari Kejar IPV Polio Suntik sebanyak 35.195 anak, Kejar OPV imunisasi polio dengan tetes untuk 16.134 balita sasaran dan Kejar DPT-HB-Hib untuk 4.264 balita.

Sedangkan Imunisasi tambahan rubella campak untuk 63.156 balita diberikan pada Agustus-September mendatang. “Dinkes sudah siap dengan 900 lebih vaksinator yang akan melayani di Posyandu, pos kesehatan desa dan tempat lain yang ditunjuk,” katanya.

Baca juga:  Kampung Susu Sumogawe Digelontor Rp 1 Miliar

Sebelumnya BIAN sempat tertunda karena covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Dwi Syaiful Nur Hidayat mengatakan BIAN menyasar seluruh anak di Kabupaten Semarang. “Dengan tujuan menciptakan kekebalan populasi yang merata guna mencegah wabah penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I),” tambahnya.

Secara khusus BIAN ditujukan untuk mempertahankan bebas penyakit polio dan mengendalikan penyakit campak, rubella, difteri dan pertusis. Seharusnya sudah dilakukan tahun lalu. Namun karena ada wabah covid-19 sempat tertunda. “Ini perlu diperhatikan orang tua. Sangat penting tentunya. Sehingga seluruh orang tua bisa berpartisipasi,” ujarnya. (ria/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya