alexametrics

Korban Aksi Terorisme di Jateng Terbanyak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bandungan – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus berupaya melakukan rekonsiliasi antara mantan narapidana terorisme dengan para korban. Upaya tersebut dilakukan untuk mengembalikan kedamaian. Selain itu juga mengembalikan kondisi psikologi para pelaku dan korban.

Saat acara rekonsiliasi di Bandungan, Direktur Deradikalisasi BNPT Irfan Idris mengatakan, rekonsiliasi telah dilaksanakan dua kali. Pertama pada Februari 2016 yang mempertemukan 145 mantan narapidana terorisme dengan 51 korban. Kemudian tahun ini rekonsiliasi dilakukan di Jawa Tengah. Menurutnya jumlah korban aksi terorisme di Jawa Tengah terbanyak.

“Jawa Tengah ini dengan 20 mantan napi terorisme dan 60 korban aksi terorisme. Ini Jawa Tengah memang banyak korbannya,” bebernya Kamis (16/6).

Baca juga:  Libur Nataru, Siswa dan Guru Dilarang ke Luar Kota

Rekonsiliasi sangat dibutuhkan untuk menyembuhkan luka berbagai pihak. Atas aksi terorisme tentunya banyak yang tersakiti, cacat, hingga ada mata yang harus diganti kelereng. Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk mencegah aksi ekstremisme, radikalisme, dan terorisme.

“Dari aksi-aksi tersebut yang terjadi adalah semua menjadi korban. Pelaku itu juga korban atas narasi-narasi baiat di media sosial sehingga tak paham yang dilakukan, hingga menjadi pelaku aksi bom bunuh diri di depan khalayak,” tegasnya.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang saat itu hadir mengatakan, rekonsiliasi adalah hal yang ditunggu semua pihak. Dia menilai gerakan rekonsiliasi ini bagian dari merawat NKRI.

Yasin berharap agar penyintas dan mitra deradikalisasi bisa bersatu dan saling memengaruhi untuk membangun Indonesia yang lebih baik serta penuh perdamaian.

Baca juga:  Kawasan Bandungan Lebih Tertata, Kemacetan Hilang

“Kalau ada yang salah mengakui, dan korban memaafkan. Ini sangat luar biasa bisa dipertemukan,” pungkasnya. (ria/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya