alexametrics

Investasi Masuk di Kabupaten Semarang Capai Rp 1,3 T

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Triwulan pertama 2022, investasi masuk di Kabupaten Semarang menunjukan tren positif. Tercatat nilai investasi masuk mencapai 1,07 triliun. Terdiri dari penanaman modal dalam negeri Rp 1,07 triliun dan penanaman modal asing sebesar Rp 274 miliar.

Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Semarang mencatat realisasi itu hampir mendekati pencapaian total investasi tahun 2021 sebesar Rp1,4 triliun. “Ini baru triwulan pertama dan kami optimis nilainya akan terus naik,” kata Bupati Semarang Ngesti Nugraha.

Ia menambahkan, potensi investasi di sektor Intanpari sangat besar. Namun semua masih belum maksimal karena terkendala peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW).

Baca juga:  Truk Tepung Rem Blong, Hantam Truk Pasir dan Pemotor

“Revisi perda RTRW belum bisa diselesaikan sejak tahun 2018 lalu karena terbentur regulasi. Kita masih terus berupaya menyelesaikannya agar dapat mendukung pengembangan potensi investasi,” tambahnya.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Semarang Valeanto Sukendro menambahkan kenaikan nilai investasi didasarkan geliat usaha mikro kecil yang terus membaik.

Usaha berbasis masyarakat ini mampu bertahan di tengah terpaan krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Sedangkan pada triwulan pertama 2022, UKM menyumbang 36,77 persen dari total PMDN.

“Tahun lalu nilai investasi izin UKM tercatat Rp 712 miliar. Angka itu berkontribusi lebih dari separuh total penanaman modal dalam negeri,” tambahnya. (ria/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya