alexametrics

Siapkan Gugus Tugas Penanganan dan Unit Respon Cepat PMK

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Pemerintah Kabupaten Semarang membentuk Gugus Tugas Penanganan dan Unit Respon Cepat untuk menangani PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak. Upaya tersebut disambut baik para peternak.

Di Bumi Serasi sendiri saat ini terdapat 876 ekor yang terindikasi PMK. Lima ekor di antaranya mati karena penyakit itu.

“Kita sudah upayakan pembentukan Unit Respon Cepat dari Dispertanikap. Nantinya tim akan turun ke lapangan untuk melakukan identifikasi,” ungkap Bupati Semarang, Ngesti Nugraha.

Pemkab juga akan memperpanjang penutupan pasar hewan se-Kabupaten Semarang hingga 20 Juni. Sesuai rencana awal penutupan hingga hari ini (6/5). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lalu lintas hewan ternak yang masuk ke Kabuaten Semarang dari daerah lain.

Baca juga:  Ribuan Seniman Kabupaten Semarang Terima Bantuan

Pemkab juga akan menggelontorkan bantuan disinfektan, vitamin, dan obat-obatan bagi hewan ternak yang terindikasi. “Kita juga membantu dari segi sarana prasarana bagi dokter hewan dan paramedis berupa sarung tangan lateks dan juga hazmat,” ujarnya.

Ngesti menambahkan, pemkab akan mengeluarkan surat edaran terkait penggunaan dana desa dan pendapatan asli desa untuk pembelian obat-obatan dan vitamin, agar beban para peternak tidak terlalu berat.

Sementara itu Kepala Dispertanikap Wigati Sunu mengatakan, persebaran PMK ada di 14 kecamatan. Di mana angka kematian terbesar di Kalisidi. Untuk hewan ternak di lima kecamatan, seperti Ungaran Timur, Sumowono, Bandungan, Jambu, dan Bringin belum terindikasi PMK.

“Semoga kelima kecamatan tersebut tidak ada kasus PMK,” harapnya.

Baca juga:  Evakuasi Butuh Waktu Tiga Jam

Pihaknya kini masih menggencarkan sosialisasi kepada para peternak. Menyiapkan paramedis dan dokter hewan untuk pengobatan langsung di kandang-kandang peternak.“Untuk tim-tim tersebut nantinya akan ada di setiap kecamatan,” imbuhnya. (nun/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya