alexametrics

Bentuk Rasa Syukur, Warga Dusun Sendangrejo Gelar Kirab Tumpeng

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Warga Dusun Sendangrejo, Desa Nyatnyono menggelar sedekah dusun dengan pagelaran wayang dan kirab tumpeng. Acara tersebut merupakan bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ratusan warga sangat antusias mengikuti Kirab Tumpeng Minggu (29/5) pagi. Sembilan RT mengarak tumpeng hasil kreasi sepanjang jalan dusun. Mulai tumpeng nasi hingga tumpeng hasil bumi seperti sayuran. Sebelum kirab, warga berziarah di punden Simbah Bagong yang merupakan sesepuh Dusun Sendangrejo.

“Sedekah Dusun dilakukan tiga tahun sekali. Untuk dua tahun kedepan kita akan mengadakan pengajian dan selametan,” kata Kepala Dusun Sendangrejo, Ngaderi.

Sebelum kirab tumpeng, warga sudah melaksanakan rangkaian tradisi sedekah dusun, Sabtu wage (28/5). Yakni tradisi Iriban atau bersih-bersih di lima sumber mata air Dusun Sendangrejo. Dilanjutkan ziarah ke sesepuh Desa Nyatnyono, yakni di Makam Kyai Hasan Munadi dan Ki Ageng Sendangrejo. “Ada juga selamatan di beberapa titik lokasi yang dilakukan para warga,” ujarnya.

Baca juga:  Divisi Perempuan Ngebas Tolak Politik Uang

Dua tahun pandemi, warga tetap melaksanakan hajatan Merti Dusun. Meski dengan acara sederhana, terbatas dan taat prokes. “Itupun sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa, satgas covid serta babinsa dan bhabinkamtibmas untuk keamanan kegiatan,” tambahnya.

Ngaderi menambahkan, merti dusun tahun depan akan dibuat lebih meriah. Dengan mempersiapkan kirab budaya seperti yang digelar tahun 2019. Semua masyarakat berpartisipasi dengan menggunakan baju adat serta kreasi masing-masing dengan rute kirab lebih panjang. “Sekarang hanya digelar kirab tumpeng dan pagelaran wayang karena perencanaan yang singkat,” tambahnya. (nun/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya