alexametrics

Jalur Thekelan Dibuka, Sehari Dilintasi 200 Pendaki

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Jalur pendakian Gunung Merbabu via Thekelan sudah kembali dibuka. Setiap hari tidak kurang 200 pendaki melintasi jalur tersebut.

Jalur Thekelan merupakan jalur favorit pendaki. Sebab, jalur paling tua diantara jalur pendakian Gunung Merbabu yang lain. Sekaligus satu-satunya jalur yang bisa menembus tujuh puncak Merbabu. “Ini jalur favorit dengan flora dan faunanya yang masih terjaga,” kata  Ranger Merbabu, Iing Roswandi.

Ada pembagian kuota sama rata di semua jalur resmi Gunung Merbabu. Yaitu 200 orang per hari. Hal ini menjadikan jalur Thekelan mulai dikenal kembali pendaki. “Sebelumnya hanya pendaki lawas yang mengetahui jalur ini,” ujarnya.

Jalur Thekelan memiliki panjang track sekitar 6 kilometer. Namun ada daya tarik pendaki yakni terdapat ojek warga yang memudahkan pendaki menuju pos selanjutnya. Pos mata air cukup banyak di sepanjang jalur Thekelan. Terdapat di pos 1, pos 2, dan di bawah puncak Geger Sapi. “Jadi bagi yang tidak kuat tinggal ojek dan ini bisa membantu ekonomi warga sekitar,” tambahnya. (cr5/fth)

Baca juga:  Kampanye Daring, Akun Pendukung Harus Didaftar

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya