alexametrics

Dapat Remisi Idul Fitri, Empat Napi Lapas Ambarawa Langsung Bebas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Sebanyak 248 warga binaan Lapas Kelas II A Ambarawa menerima remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022.

Kalapas Ambarawa, Agus Heryanto mengatakan dari 248 warga binaan tersebut terbagi dari penyerahan remisi RK 1 sebanyak 244 warga binaan dan RK 2 sebanyak 4 orang.

“Pengertian RK 1 adalah pemberian remisi pada narapidana yang tidak langsung bebas. Sedangkan RK 2 pemberian remisi pada narapidana yang langsung bebas pada saat itu, ” ucapnya saat ditemui oleh Jawa Pos Radar Semarang (2/5/2022).

Agus menambahkan untuk yang bebas terdapat 4 narapidana. Dengan kategori 2 orang langsung bebas hari ini, 1 orang langsung bebas di asimilasi dari luar rumah, dan yang satu menjalani subsider.

Baca juga:  Pokja Genjot Pengumpulan Dana PMI

Besaran remisi yang diterima oleh narapidana berbeda-beda. Tergantung masa tahanan yang dijalani, yakni antara 15 hari hingga 2 bulan.

Untuk RK 1 jumlah narapidana yang menerima remisi 15 hari sebanyak 63 orang, remisi 1 bulan diberikan kepada 140 orang, remisi 1 bulan 15 hari diberikan kepada 28 orang, dan remisi 2 bulan diberikan kepada 12 orang.

“Untuk RK 2, remisi 15 hari diberikan pada satu orang dan remisi satu bulan diberikan pada 3 orang, ” katanya.

Sementara di hari pertama Idul Fitri Lapas Ambarawa fasilitasi para keluarga yang ingin melakukan kunjungan. Dalam pelayanan publik tersebut tidak dilakukan tatap muka melain kan secara online.

Pelayanan publik yang tengah dilaksanakan merupakan rangkaian kegiatan Idul Fitri yang diawali dengan kegiatan bulan puasa. Diantaranya sholat malam, dzikir, tadarus Alquran dan lain sebagainya. Dan diakhiri dengan pelaksanaan salat Idul Fitri.

Baca juga:  Pemkot Pekalongan Longgarkan Kegiatan Ramadan asal Patuh Prokes

“Empat hari kedepan kita akan menyediakan kunjungan online dan penitipan barang untuk para keluarga yang ingin menjenguk,” ucap Agus Heryanto.

Salah satu narapidana yang mendapatkan remisi 15 hari dan bebas hari ini, Budi Rejeki warga Kecamatan Pabelan merasa bersyukur bisa kembali ke rumah.

“Seneng dan bahagia mas rasanya bisa bebas, ” ujarnya.

Ia mengungkapkan kedepannya akan merubah perilakunya dan meneruskan hal positif yang sudah didapatkan selama mendekam di Lapas Ambarawa.

Diketahui Budi Rejeki narapidana kasus penipuan dikenakan pidana selama delapa bulan. Dan seharusnya Budi bebas di tanggal 17 Mei depan. Namun berhubung mendapatkan remisi 15 hari, hari ini Budi Rejeki bisa bebas. (cr5/bas)

Baca juga:  Ganjar Gelar Open House Virtual, Diikuti Pekerja Migran di Berbagai Negara

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya