alexametrics

Jelang Lebaran, Harga Bunga Tabur Naik Ugal-Ugalan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Menjelang lebaran Pasar Bunga Bandungan mulai ramai diserbu masyarakat dan tengkulak. Khususnya untuk bunga mawar tabur, mengalami peningkatan permintaan dan penjualannya.

Sudah seminggu mendekati lebaran Pasar Bunga Bandungan yang berada di Subterminal Wisata Bandungan mulai menggeliat. Banyak para tengkulak dan warga sekitar bandungan yang melakukan transaksi jual beli bunga mawar.

Salah satunya, Eko, salah satu tengkulak asal Boyolali mengatakan setiap mendekati lebaran pasti permintaan bunga tabur khususnya mawar meningkat. Para warga Bandungan dan sekitarnya biasanya menjual bunga mawar ke tengkulak dengan harga mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu.

“Biasanya kalau puncak-puncaknya harganya bisa mencapai Rp 100 ribu lebih per tenggek-nya (keranjang bambu),” ungkapnya.

Baca juga:  Begini Cara Ganjar Promosikan  Ondo Langit 

Selain hari-hari mendekati lebaran, hari Rabu dan Kamis selalu ramai. Biasanya para tengkulak dan warga yang ingin menjual bunga mawar nya sudah datang dari pagi hingga malam. “Kalau hari biasa selain Rabu dan Kamis ada tapi tidak sebanyak biasanya,” katanya.

Sementara itu, Lastri warga asal Gintungan mengatakan perubahan harga bunga mawar tabur yang selalu berubah-udah disebabkan oleh beberapa hal. Salah duanya kondisi cuaca dan persediaan bunga mawar tabur itu sendiri. Ia menceritakan pada awal pandemi harga bunga mawar tabur pernah turun drastis dari harga normal.

“Pernah turun sampai Rp 5 ribu per tenggeknya,” katanya.

Lastri biasanya membawa bunga mawar tabur bisa hingga 5 tenggek lebih. Untuk saat ini menurutnya harga dan permintaan bunga mawar tabur sedang tinggi. Dikarenakan mendekati lebaran. “Ya, Alhamdulillah mas bisa kembali normal. Hasil penjualannya juga bisa untuk sehari-hari, ” tambahnya.

Baca juga:  Mohon Perhatian, Pintu Teater di Semarang Segera Dibuka

Salah satu petani mawar tabur asal Bandungan, Ngatiman, mengatakan bahwa setiap mendekat lebaran permintaan bunga mawar selalu meningkat. Ia beserta petani yang lainnya juga sudah mempersiapkan pasokan bunga mawar sudah jauh-jauh hari.

“Kami selalu mempersiapkan stok mas. Karena kalau mendekati lebaran pasti harganya naik. (cr5/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya