alexametrics

Jaga Kondusivitas, FKUB Gencarkan Sosialisasi Moderasi Beragama

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) akan menggencarkan sosialisasi tentang moderasi beragama. Kegiatan tersebut akan menjadi agenda utama tahun ini. Diharapkan toleransi dan kerukunan umat beragama di Bumi Serasi akan semakin kuat.

Ketua FKUB Kabupaten Semarang, Sinwani mengatakan, pihaknya akan merencanakan pertemuan intensif di tingkat eks karesidenan untuk menyerbar luaskan tentang pemahaman moderasi beragama.

“Hibah dari Pemkab Semarang akan sangat membantu keberhasilan kegiatan dalam rangka menciptakan suasana kondusif di bidang keagamaan ini,” katanya usai acara penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah Kamis (14/4) pagi.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Bupati Semarang Ngesti Nugraha dan Ketua FKUB Sinwani di ruang utama di rumah dinas bupati. Selain itu para tokoh agama dan penghayat kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa se-Kaupaten Semarang ikut menyaksikan penndatanganan tersebut.

Baca juga:  Tiga OPD Jadi Sasaran Pembelajaran

Siswani menambahkan, dana hibah yang diterima FKUB akan disalurkan ke pengurus organisasi keamanan dan masyarakat serta generasi muda FKUB. Mereka nantinya akan melakukan berbagai kegiatan yang mendukung suasana kondusif antar umat beragama.

“Saat ini tingkat kondusivitas keagamaan di Kabupaten Semarang terhitung bagus. Bahkan masuk peringkat lima besar nasional,” lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, mengharapkan FKUB dan para tokoh agama dapat berperan aktif menggerakkan moderasi beragama. Karena hal tersebut penting untuk menciptakan kerukunan dan toleransi umat beragama.

“Manfaatkan dana hibah dengan baik dan mampu menyusun laporan pertanggungjawabannya dengan baik pula. Pemkab Semarang melalui Badan Kesbangpol siap membantu,” ujarnya.

Kepala Badan Kesbangpol, Petrus Triyono menjelaskan dana hibah kepada FKUB sebesar Rp 1.640.593.000. Dana tersebut nantinya akan disalurkan kepada 14 organisasi keagamaan dan lainnya untuk mendukung kelancaran kegiatan. (cr5/zal)

Baca juga:  Ngeyel, Satgas Bongkar Tenda Pernikahan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya