alexametrics

Benahi Fasilitas Desa Wisata

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Sejumlah fasilitas Desa Wisata Pesona Garda rusak dan hanyut diterjang banjir akhir 2021. Pengelola mulai bangkit dengan memperbaiki fasilitas dan destinasi tersebut.

Desa wisata berada di Dusun Dawung, Desa Candirejo, Kecamatan Pringapus. “Sempat diterjang banjir, sekarang mulai dibenahi fasilitasnya,” kata Kepala Dusun Dawung, Zamroni.

Ia menambahkan, desa wisata mengunggulan keindahan alam. Saat intensitas hujan tinggi, sungai membludak dan merusak jembatan bambu dan perahu bambu di lokasi tersebut. “Itu spot unggulan. Jadi harus segera dibenahi,” ujarnya.

Zamroni mengakui kendala yang dihadapi terkait masalah anggaran. Saat diresmikan Agustus 2020 hanya mendapatkan anggaran Rp 34 juta dari Dana Desa. Sudah habis untuk pengadaan tiga gazebo dan beberapa fasilitas lain. “Untuk pembenahan bahkan kami harus swadaya. Kami ingin benar-benar bisa maksimal agar bisa ramai dan memberikan kontribusi ekonomi warga sekitar,” akunya.

Baca juga:  Ramadan, Tempat Hiburan di Kabupaten Semarang Wajib Tutup

Saat ini berbagai fasilitas terus dibenahi. Termasuk menambah wahana air. Setidaknya sudah ada beberapa perahu karet serta ban untuk fasilitas bagi pengunjung yang ingin jeguran. “Masih tetap buka, dan tidak dipatok biaya masuk karena masih tahap pembenahan,” tambahnya. (cr5/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya