alexametrics

SMPN 1 Tengaran Resmikan Perpustakaan Digital

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – SMP Negeri 1 Tengaran kini memiliki perpustakaan digital. Tak sekadar fasilitas, pusat literasi bagi siswa itu memiliki ruang yang nyaman. Siswa juga lebih mudah mengakses bahan bacaan maupun buku digital.

Kepala SMPN 1 Tengaran, Muh Musi’in mengatakan, perpustakaan digital ini memiliki seribu judul buku digital dan seribu judul buku non-digital. Fasilitas ini sebagai upaya untuk meningkatkan literasi siswa. “Biar siswa ada pemahaman dan pengetahuan lebih untuk menunjang pembelajaran,” ungkapnya.

SMPN 1 Tengaran merupakan sekolah keempat yang menerapkan perpustakaan atau pusat literasi digital, setelah SMPN 2 Tengaran, SMPN 1 Getasan, dan SMPN 1 Suruh.

Musi’in menambahkan, perpustakaan digital SMPN 1 terintegrasi dengan kartu pelajar. Perbedaan dengan perpus digital sekolah lain yaitu di SMPN 1 menyediakan pojok baca dengan view Gunung Merbabu. “Itu kan yang tidak dimiliki oleh sekolah lain,” katanya. Selain itu, beberapa objek di pojok literasi juga dilengkapi barcode. Siswa tinggal scan maka semua penjelasan akan muncul.

Baca juga:  Yayasan Istiqomah Bangun SMP di Nyatnyono

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, para siswa dengan didampingi guru telah menerbitkan sebuah buku antologi cerpen. “Siswa-siswi di sini juga berperan aktif. Dengan dampingan para guru mereka bisa membuat sebuah buku antologi cerpen, ” ungkapnya.
Musi’in berharap fasilitas perpustakaan digital ini, bisa membuat siswa belajar dengan nyaman, tenang, dan damai.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Semarang, Sukaton Purtomo Priyatmo mengatakan, pusat literasi digital di sekolah-sekolah ini, merupakan kemajuan yang pesat di bidang pendidikan. Hal itu juga bisa membangkitkan semangat peserta didik untuk menimba ilmu.

“Nantinya akan ada sekolah-sekolah lain yang tentunya mengembangkan pusat literasi dan perpustakaan sekolah,” ungkapnya di sela peresmian pusat literasi digital SMPN 1 Tengaran kemarin. (cr5/bis/zal)

Baca juga:  Wujudkan Kampung Pintar melalui Perpustakaan Digital

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya