alexametrics

Kabupaten Semarang Carnival Bangkitkan Sektor Pariwisata

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Sektor pariwisata mulai bergeliat dan bangkit. Salah satunya dengan gelaran Kabupaten Semarang Carnival 2022. Event yang difokuskan di Wisata Bukit Cinta sebagai upaya terus mempromosikan sektor pariwisata.

Menampilakan pentas kreativitas kostum dari 19 kecamatan di Kabupaten Semarang. Dengan prokes ketat, para peserta tampak antusias. Mereka menampilkan berbagai kostum unik dan menarik dari masing-masing wilayah.

“Ini menjadi ajang promosi bagi sektor wisata yang sempat terhenti karena pandemi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Heru Subroto kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kabupaten Semarang Carnival 2022 sengaja difokuskan dengan wisata Bukit Cinta dengan Rawa Pening. Sebab, merupakan destinasi potensial untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata internasional.

Baca juga:  Promosi Wisata Kurang Optimal

Pihaknya juga akan mulai menggarap wisata olahraga dengan sudah menyelenggarakan festival paralayang di Gunung Gajah. “Bulan Juni kita akan menyelenggarakan Gantole tingkat internasional. Jadi memang potensi yang ada akan dimaksimalkan,” tambahnya.

Bupati Kabupaten Semarang Ngesti Nugraha mengatakan kebangkitan pariwisata bisa membangkitkan potensi usaha kecil dan seni budaya lokal. Saat ini Kabupaten Semarang sudah turun level PKKM menjadi level dua. Serta perkembangan Covid-19 mengalami penurunan menjadi 103 kasus aktif.  “Ini berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi. Kabupaten Semarang dua tahun terakhir minus 2,79 persen. Akhir tahun 2020 merangkak di posisi 3,36 persen,” akunya.

Berbagai event wisata akan digalakan karena berdampak pada sektor ekonomi. Termasuk dengan menggandeng pelaku UMKM dan pelaku kesenian. Setidaknya ada sekitar tiga ribu kelompok seni budaya dan yang menerima bantuan hibah sekitar seribu kelompok. “Jumlah bantuanya cukup besar. Nantinya per tahun akan mendapat Rp 10 miliar,” tambahnya.

Baca juga:  Antrean Pemudik di Rest Area Capai 3 Km

Kabupaten Semarang Carnival 2022 menjadi bukti kebangkitan pariwisata. Dengan begitu berbagai sektor lain akan ikut tumbuh. “Pemkab akan bertahap untuk melakukan promosi pariwisata agar bisa mendongkrak kunjungan,” tambahnya. (cr5/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya