alexametrics

Permudah Calhaj Urus Paspor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Semarang berinovasi dalam mempermudah calon jamaah haji (calhaj). Salah satunya dengan meluncurkan program Eazy Pasport. Layanan berbasis digital yang bisa memudahkan calhaj dalam membuat atau memperpanjang paspor bahkan yang sudah kadaluarsa.

Kepala Seksi Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Semarang Titik Halimah mengatakan program ini untuk membantu calon jamaah haji dalam pengurusan dokumen. Konsep yang diusung jemput bola. “Ini bisa untuk calon haji yang membuat baru. Diharapkan calon jamaah haji tidak kesulitan untuk pemenuhan dokumen sebelum keberangkatan,” katanya.

Ia menambahkan, program ini bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Kabupaten Semarang. Program bisa menguntungkan calon jemaah haji dari segi efisiensi waktu. Saat ini sudah ada 35 calhaj yang sedang melakukan pengurusan paspor. Dari tahun 2020 hingga 2021 calon jemaah haji lunas di Kabupaten Semarang ada 752. Untuk paspor yang expired sekitar 35 jamaah.

Baca juga:  Pemkab Semarang Janji Benahi Fasilitas untuk Penyandang Disabilitas

“Jika ke Kantor Imigrasi Semarang harus update data terlebih dahulu. Tapi dengan Eazy Pasport maksimal tiga hari sudah jadi semua,” ujarnya.

Kemenag Kabupaten Semarang ke depan akan memaksimalkan program tersebut. Terutama ketika Indonesia mulai mendapat kuota memberangkatkan calon jemaah haji. Program eazy pasport memudahkan calon jamaah haji di Kabupaten Semarang.

“Bagi yang menunggu giliran berangkat bisa langsung berangkat tanpa melakukan pengurusan dokumen,” tambahnya. (ria/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya