alexametrics

Tebing Tol Ungaran-Bawen Longsor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Tebing di tepi jalan tol Ungaran-Bawen tepatnya KM 436+800 longsor. Material dari tebing setinggi kurang lebih tujuh meter di tepi jalan tol menutup jalur menuju arah Solo. Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Semarang sejak Jumat(4/3) siang.

Beruntung saat kejadian tidak ada kendaraan melintas sehingga tidak ada korban jiwa. Longsor tebing tol Ungaran – Bawen terjadi sekitar pukul 13.48 Wib. Sebagian material longsor menutup jalur A yang menuju arah Solo. Hal itu membuat penyempitan lajur di jalur tersebut. Bahkan sempat terjadi penumpukan kendaraan.

“Untuk mempercepat proses pembersihan material kami bekerjasama dengan BPBD kabupaten Semarang dan Damkar,” kata Petugas Lapangan Trans Marga Jawa Tengah Dian Saputra.

Baca juga:  Patroli Malam Digencarkan, Sasar Tempat Nongkrong dan Rumah Makan

Ia menambahkan untuk percepatan evakuasi material longsor, petugas gabungan dari BPBD Kabupaten Semarang, Damkar, dan petugas jalan tol melakukan pembersihan secara bersama sama. Selain itu, untuk pengamanan jalur dilakukan PJR jalan tol. Proses evakuasi material longsor membutuhkan waktu dua jam. Sehingga lalu lintas kembali lancar. Setelah ini pihaknya akan memastikan area longsor tidak membahayakan pengendara.

“Memang yang terpenting jalan bisa dilalui kendaraan dengan aman. Tidak licin dan material longsor tidak menghalangi,” ujarnya.
Koordinator Lapangan BPBD Kabupaten Semarang Yunianto mengatakan pihaknya menurunkan enam personel dan satu alat berat lengkap dengan towing.

Sekretaris Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang Alexander Gunawan menambahkan satu unit mobil damkar dan 10 anggota turut memberikan material longsor tersebut. “Setelah semua material longsor dipinggirkan, damkar memberikan dengan air dan memastikan tidak ada sisa longsor di badan jalan dan arus lalu lintas kembali normal,” tambahnya. (ria/fth)

Baca juga:  494 Kasus PMK, Penutupan Pasar Hewan Diperpanjang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya