alexametrics

Setiap Kecamatan Dilengkapi Ruang Terbuka Hujau

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pemerintah Kabupaten Semarang terus mengoptimalkan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Selain itu, setiap kecamatan bakal dilengkapi dengan RTH.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Heru Purwantoro mengatakan, masalah pertamanan akan diserahkan dari Dinas Pekerjaan Umum ke Dinas lingkungan Hidup di tahun 2022.

“Nanti proses anggaran juga saya akan minta,” katanya.

Ia bersama tim pemeliharaan pertamanan sudah melakukan survei ke beberapa tempat yang menjadi RTH. Banyak masalah yang ditemui saat turun ke lapangan. Mulai lampu penerangan tidak hidup hingga cat warna luntur.

“Saya akan usulkan anggaran untuk pemeliharaan serta pengadaan fasilitas berupa bibit jenis bunga dan tanaman,” ujarnya.

Salah satu yang prioritas adalah Taman Bandungan. Pihaknya sudah melakukan survei. Namun, bangunan tersebut masih menjadi tanggungan dari pihak ketiga.

Baca juga:  Baznas Serahkan Bantuan Rp 798 Juta

“ Jika sudah diserahkan, kami akan mengganti Bunga dan tanaman yang sudah jelek,” tambahnya.

Anggaran tahun 2021 dimaksimalkan untuk taman di Kalongan dan Sumowono. Dengan adanya taman atau RTH, oksigen yang dihasilkan lebih bagus dan udara sejuk. Anggaran untuk pemeliharaan dan pertamanan Kabupaten Semarang sebesar Rp 11 miliar.

“Anggaran ini masih kecil dibandingkan Kota Surabaya yang mencapai 800 milyar,” tambahnya. (cr5/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya