alexametrics

Tiga Titik di Kabupaten Semarang Diterjang Banjir dan Longsor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Semarang sejak Selasa (25/1) sore menimbulkan berbagai bencana. Banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang terjadi di beberapa wilayah.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Semarang mengatakan longsor terjadi di Dusun Krajan Desa Gebugan Kecamatan Bergas. Rumah milik Sumardi yang dihuni tiga jiwa bagian pondasinya ambrol.

Tembok rumah bagian kamar tidur dan ruang salat ambrol dengan ukuran 3×6 meter. Material tanah masuk ke rumah setinggi 20 sentimeter. “Petugas langsung kami kerahkan alat berat untuk mengevakuasi material agar tidak mengganggu akses,” katanya.

Ia menambahkan, hujan juga menyebabkan sungai meluap dan banjir di beberapa wilayah. Diantaranya di Perumahan Cemara Susukan Ungaran Timur, Genuk, dan Babadan. Untuk daerah yang mengalami banjir, anggota BPBD dan relawan melakukan assesment dengan turun di lapangan.

Baca juga:  Fondasi Jalan Kaligawe-Mluweh Longsor

Sementara pohon tumbang, terjadi di Desa Leyangan Kecamatan Ungaran Timur. Pohon tumbang mengakibatkan dua rumah warga rusak. Rumah Sukini tertimpa pohon pete dan rumah Joko, terkena pohon suren.

“Tim TRC BPBD menuju lokasi untuk evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah dan menyerahkan paket kerja bakti. Semua bencana terjadi bersamaan di malam hari,” ujarnya.

Heru meminta masyarakat selalu waspada. Karena saat ini intensitas hujan sedang tinggi. Jika ada tanda-tanda bencana langsung hubungi petugas untuk langkah antisipasi.

Sementara seorang warga Ungaran Timur Budi mengatakan hujan deras berlangsung lama menyebabkan luapan air di sungai. “Ini banjir mengganggu warga karena terjadi saat jam pulang kerja, genangan sampai sekitar 20 sentimeter,” tambahnya. (ria/fth)

Baca juga:  Pelaku Mutilasi di Ungaran Ternyata Mantan Kekasih Korban

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya