alexametrics

645 Aset sudah Bersertifikat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Sebanyak 645 aset milik Pemerintah Kabupaten Semarang sudah rampung disertifikasi. Badan Pertanahan Nasional menyerahkan langsung sertifikat hak atas tanah tersebut.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Semarang Arya Widya Wasista mengatakan, aset tanah yang disertifikat tersebar di 28 desa atau kelurahan. 430 bidang berupa jalan poros desa, satu jembatan, tiga ruang terbuka hijau (RTH) dan sisanya tanah yang dimanfaatkan untuk saluran air.

“Data di kami total ada 5.164 bidang tanah yang merupakan aset Pemkab Semarang,” katanya.

Ia menambahkan, dari jumlah itu, sebanyak 1.430 bidang telah bersertifikat dan sisanya masih dalam proses. Masih ada sekitar tiga ribu bidang tanah aset Pemkab yang akan diselesaikan penerbitan sertifikatnya tahun 2022.

Baca juga:  495 CPNS Kabupaten Semarang Terima SK

“Sudah 719.182 bidang tanah atau 88,2 persen dari 815 ribu bidang yang sudah terdata,” ujarnya.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengapresiasi kinerja BPN untuk membantu menyelesaikan sertifikasi aset milik Pemerintah. Ratusan sertifikat tersebut diselesaikan hanya dengan 10 hari.

“Ini luar biasa. Mirip kerja Bandung Bondowoso. Ratusan sertifikat diselesaikan hanya sepuluh hari,” tambahnya.

Program percepatan sertifikasi aset milik pemerintah merupakan tindak lanjut rekomendasi BPK dan KPK. Tujuannya tercipta tertib administrasi yang mendukung transparansi pengelolaan aset daerah.

Tahun anggaran 2022 ini, Pemkab Semarang menganggarkan dana untuk menyelesaikan sertifikat seribu bidang tanah. “kami berharap seluruh aset tanah dapat bersertifikat pada tahun 2023,” tambahnya. (ria/fth)

Baca juga:  Kebakaran Lahan Ancam Perumahan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya