alexametrics

Perketat Pengawasan Pendatang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Petugas Polres Semarang memperketat pengawasan terhadap warga pendatang. Salah satunya dengan pengecekan protokol kesehatan dan vaksinasi melalui aplikasi Peduli Lindungi secara random di Rest Area KM 456 A dan B.

Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatikha mengatakan pemeriksaan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 saat Natal dan Tahun Baru. Kendaraan yang berhenti di rest area langsung di cek satu persatu. Mulai dari protokol kesehatan, pengecekan surat atau sertifikat vaksinasi pengemudi maupun penumpang.

“Ini sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus di Kabupaten Semarang,” tegasnya.

Bagi pengemudi atau penumpang yang belum mendapatkan vaksinasi diarahkan ke Posko Pelayanan terpadu. Mereka langsung mendapatkan vaksin gratis dari petugas di lokasi Pos pelayanan rest area 456 A Polres Semarang.

Baca juga:  Bupati Ngesti Fokus Genjot Pelayanan

“Tidak ada tindakan sanksi, kami hanya ingin memberikan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Jika semua pengendara dan penumpang sudah vaksin, maka kendaraan ditempel stiker khusus. Sebagai tanda bahwa penumpang yang ada di dalam mobil tersebut sudah divaksin. Pihaknya bakal terus mengoptimalkan patroli terutama menjelang perayaan tahun baru.

“Semua personel siapa dan patroli untuk mengantisipasi aktivitas menyalakan petasan atau kembang api. Tidak perlu ada penyalaan petasan,” tambahnya.

Kasat Lantas Polres Semarang AKP Rendi Johan Prasetyo menambahkan sejumlah tempat pusat kegiatan maupun tempat berkumpul masyarakat bakal ditutup 31 Desember 2021.

Diantaranya alun-alun Bung Karno, alun-alun Ungaran, alun-alun Tambakboyo dan lingkungan Gor Pandanaran. Yang dilarang seperti pawai, pesta kembang api dan arak-arakan maupun berbagai Kegiatan yang berpotensi terhadap kerumunan besar.

Baca juga:  ASN Cuti Bakal Disanksi

“Jadi sementara tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan ditutup saat tahun baru,” tambahnya. (ria/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya