alexametrics

Baznas Serahkan Bantuan Rp 798 Juta

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi menjadi prioritas. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan dana pemberdayaan ekonomi umat untuk lembaga dan warga. Dengan total dana Rp 798 juta.

Ketua Baznas Munashir mengatakan pihaknya mendukung program pemulihan ekonomi warga terdampak pandemi. Setidaknya ada lima pusat perniagaan berbasis komunitas yang mendapat bantuan.

Selain lapak kuliner di Ungaran Timur, bantuan peningkatan usaha juga diberikan di lapak serabi Ngampin Ambarawa, lapak Durian di Jambu dan lapak bunga hias di Kopeng, Getasan. “Akhir tahun ini diserahkan bantuan pengembangan usaha untuk 64 pengelola kios sawahan di Asinan, Bawen,” katanya.

Pengembangan pusat perniagaan warga direncanakan ada di setiap kecamatan. Untuk itu, pengelola Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di kecamatan harus aktif melakukan pendataan potensi niaga warga.

Baca juga:  Dukung Gerakan Zakat, Hendi Dapat Penghargaan dari Baznas RI

Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengakui Baznas memiliki peran besar dalam membantu Pemkab Semarang. Terutama memulihkan ekonomi warga saat pandemi. “Tak hanya itu, ketika ada bencana atau musibah, Baznas juga ikut berperan memberikan bantuan,” tambahnya.

Baznas menyerahkan dana ZIS kepada pengelola di tiap kecamatan dengan total Rp 550,9 juta. Selain itu diserahkan bantuan pembangunan tempat ibadah, modal usaha dan pengobatan. Salah satu penerima bantuan pengobatan adalah Siti Asmidah, orang tua pengasuh ODGJ dari Kelurahan Karangjati, Bergas. (ria/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya