alexametrics

BPN Kabupaten Semarang Rampungkan Sertifikasi 83.550 Bidang Tanah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran  – Sebanyak  83.550 bidang tahan sudah memiliki sertifikat hak atas tanah (SHAT) dari Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Semarang. Program lewat pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) tahun 2021 sebagai bukti kepemilikan dan hak seseorang atas tanah atau lahan.

Kepala Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Semarang Arya Widya Wasista mengatakan, realisasi tersebut mencapai 92,07 persen dari target 90.747 bidang tanah yang didaftarkan. Program PTSL dilaksanakan di 48 desa /kelurahan yang tersebar di 13 kecamatan.  “Selain tanah warga, kami juga menyerahkan sertifikat aset milik Pemkab Semarang dan PT PLN di Kabupaten Semarang,” katanya.

Arya menambahkan, ada tiga kendala yang dihadapi untuk menuntaskan penerbitan SHAT yang telah didaftarkan. Pertama, warga yang tidak mau mengikuti program PTSL meski tanahnya telah terdaftar. Selain itu juga subjek tidak diketahui dan diak bersedia membuat surat pernyataan terutang BPHTB maupun PPh. “Tentu kami berharap dukungan Pemda, membantu keringanan biaya BPHTB untuk mensukseskan program ini di tahun selanjutnya,” ujarnya.

Baca juga:  Sakit Hati, Tega Habisi Nyawa Temannya

BPN telah menyelesaikan pemetaan 71.769 bidang tanah dan 88 sertifikat aset tanah milik Pemkab Semarang. Sampai dengan akhir tahun 2021, sebanyak 719.182 bidang tanah di seluruh Kabupaten Semarang sudah bersertifikat. Jumlah itu sebesar 88,2 persen dari total 815 ribu bidang tanah. “Targetnya semua sudah harus bersertifikat tahun 2024 mendatang,” tegasnya.

Sementara itu Bupati Semarang Ngesti Nugraha menambahkan, jajaran BPN telah bekerja keras mewujudkan tertib administrasi pertanahan di wilayahnya. “Sertifikat hak atas tanah ini semoga bisa membantu mensejahterakan warga,” tambahnya. (ria/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya