alexametrics

Perketat Pengawasan saat Nataru, Rumah Pemudik Bakal Ditempeli Stiker Khusus

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Polres Semarang sudah menyiapkan stiker khusus yang akan ditempel di rumah warga yang memiliki anggota keluarga perantau dan diketahui mudik pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hal tersebut guna mempermudah pengawasan pemudik kaitannya dengan pencegahan penyebaran Covid-19 di masa Nataru.

Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI dan juga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang untuk mendukung kegiatan tersebut.

Skemanya Bhabinkamtibmas, Babinsa, Camat, Lurah hingga RT diwajibkan mendata pemudik yang datang ke wilayahnya. Diterangkan Kapolres pihaknya telah melakukan pendataan tersebut sebelum dimulainya Operasi Lilin Candi 2021. Sebab dari informasi yang didapat sudah ada beberapa pemudik yang kembali ke Kabupaten Semarang.

Baca juga:  Jelang Nataru, Pengamanan Stasiun Brumbung Diperketat

“Sejak dua hari yang lalu kami sudah bergerak melakukan pendataan. Perantau kita cek vaksinasi, swab antigen, tanggal kedatangan dan kepulangannya nanti,”ungkapnya usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 di Alun-alun Bung Karno Kalirejo, Ungaran, Kamis (23/12/2021).

Selanjutnya, perantau yang sudah didata tersebut baru dibolehkan kembali ke rumah jika persyaratannya lengkap. Petugas juga menempel stiker khusus di rumahnya untuk memudahkan dalam pemantauan.

“Pada prinsipnya apa yang pernah kita terapkan pada masa Idul Fitri kemarin, kita laksanakan kembali. Bagaimanapun juga kita menyadari hampir 3 tahun saudara-saudara kita tidak bisa mudik, sehingga kita gas pol untuk antisipasi penyebaran Covid-19,”lanjutnya.

Berkaitan dengan ibadah Natal, Kapolres menambahkan pihaknya siap mengamankan jalannya peribadatan. Yovan mengatakan perlu mewaspadai tindakan terorisme jelang pelaksanaan ibadah Natal. Ada 256 gereja di Kabupaten Semarang yang siap dilakukan pengamanan dari tim Samapta Polres dan Polda, Gegana Brimob dan juga TNI. (ria/bas)

Baca juga:  Kenalkan Desa Wisata Kalisidi, Gelar Pasar Ramadan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya