alexametrics

Vaksinasi Anak di Kabupaten Semarang Mulai Januari 2022

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Semarang akan dilaksanakan awal Januari 2022. Saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) masih melakukan pendataan.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Semarang Dwi Syaiful Nur Hidayat mengatakan, target vaksinasi anak 99 ribu sasaran. Selain mendata sasaran vaksinasi, pihaknya juga tengah mengupayakan penyediaan stok vaksin. Saat ini masih tersedia 70.872 dosis Sinovac.

“Hingga akhir Desember nanti seluruh rangkaian persiapan, mulai dari pendataan, sosialisasi sampai tingkat desa/kelurahan, penyediaan vaksin, logistik, obat dan bahan habis pakai (BHP) selesai. Sehingga pada minggu pertama Januari 2022 bisa segera action,” jelasnya.

Diakui Syaiful, ada beberapa kendala dalam proses vaksinasi anak di bawah 12 tahun. Yakni bertepatan dengan masa libur sekolah dan bulan imunisasi anak sekolah (BIAS) yang mengharuskan anak sekolah diberikan vaksinasi pencegahan campak, difteri dan tetanus.

Baca juga:  Tebing Longsor, Satu Rumah Porak-Poranda

Menurutnya, mereka yang divaksinasi dalam BIAS tidak bisa langsung ikut vaksinasi. Harus menunggu empat minggu. Sehingga baru bisa dilaksanakan pada 3 Januari 2022.

“Ditambah libur anak-anak juga sudah selesai. Mengingat pelaksanaan vaksinasi juga di lingkungan sekolah,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo Priyatmo mengatakan, pihaknya sudah siap jika vaksin untuk anak usia 6 hingga 11 tahun digelar. “Kalau kita siap. Namun memang sampai saat ini belum ada informasi terkait pelaksanaan,” tandasnya. (ria/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya