alexametrics

Libur Nataru, Siswa dan Guru Dilarang ke Luar Kota

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Guru dan siswa di kabupaten Semarang dilarang untuk perjalanan ke luar kota saat liburan nataru. Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Semarang telah menerbitkan edaran kepada semua sekolah.
Orang tua siswa harus mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan aturan tentang libur sekolah.

Orang tua dan tenaga pendidik tidak boleh melakukan perjalanan luar kota saat libur sekolah. “Selama libur nataru baik guru maupun siswa dilarang ke luar kota,” kata Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo Priyatmo saat ditemui di SD Bergas 01, kemarin.

Disdikbudpora telah menerbitkan edaran kepada sekolah untuk diteruskan kepada semua orang tua/wali siswa.  Sesuai kalender pendidikan hari terakhir kegiatan di sekolah 18 Desember 2021.

Baca juga:  Genjot Produktivitas Susu Sapi Segar

Sehingga dukungan orang tua sangat dibutuhkan demi keamanan putra-putri mereka dari risiko penularan Covid-19. “Selama libur Nataru akhir tahun nanti, dengan tidak memaksakan untuk mengajak peserta didik liburan ke luar daerah,” ujarnya.

Untuk memastikan peserta didik tidak ke luar daerah, pihak sekolah bakal memaksimalkan monitoring serta pengawasan melalui guru piket. Sekolah dilarang menambah waktu libur selama periode Nataru di luar waktu libur semester dalam kalender pendidikan yang ditetapkan pemerintah daerah.

“Libur sekolah, ada guru piket yang akan hadir di sekolah. Salah satu tugas mereka melaporkan keberadaan siswa dan tenaga pendidik yang tidak piket,” ujarnya

Kepala SD Bergas Lor 01 Akhmad Daelami mengaku sudah menyiapkan laporan penting saat Nataru. Jika ada tenaga pendidik yang tidak menepati aturan ada sanksi teguran ringan maupun berat.

Baca juga:  Guru SMP Masih Kurang

Kepala sekolah dan dua guru piket wajib mengetahui keberadaan tenaga pendidik lainnya. Pihaknya juga melakukan piket siswa selama satu Minggu. “Itu juga langkah kami untuk mengantisipasi siswa-siswi yang diajak orang tua bepergian,” tambahnya. (ria/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya