alexametrics

Antisipasi Lonjakan Arus Lalu Lintas, 18 Gardu Tol Dibuka

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Pengelola jalan tol Semarang-Solo menyiapkan antisipasi lonjakan arus lalu lintas menghadapi libur Natal dan Tahun Baru. Salah satunya dengan melakukan rekayasa lalu lintas terutama di gerbang tol Bawen. Selain itu, ada 18 gardu tol yang bakal dibuka untuk memperlancar arus lalu lintas.

Manager Operasi dan Maintenance Trans Marga Jawa Tengah Fatahillah mengaku sudah memprediksi bakal terjadi kepadatan lalu lintas di jalan tol di ruas Semarang – Solo. Terutama 24 Desember dan arus balik 31 Desember.

Pihaknya tengah menyiapkan antisipasi penumpukan kendaraan yang melalui tol Semarang-Solo. “Untuk gerbang tol Banyumanik akan dibuka 18 gardu pembayaran tol baik dari arah Semarang maupun Solo,” katanya.

Baca juga:  Penutupan Jalan Efektif, Dishub Perluas Lokasi

Sementara arus balik tanggal 31 Desember akan dibuka enam gardu sebagai upaya penyekatan. Di Tol Bawen jika perlu bakal membuka gardu tambahan. Langkah antisipasi juga dilakukan di simpang Bawen Kabupaten Semarang.

Pihaknya bersama kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas. “Simulasi ini berdasarkan pengalaman di tahun 2020. Nantinya interchange Bawen akan diputarkan ke Tuntang dan pengendara baru bisa memutar arah,” ujarnya.

Apapun keputusan Pemerintah, pihaknya selaku pengelola jalan tol siap dengan segala kemungkinan. Untuk proses perbaikan jalan tol nanti semua proyek perbaikan dan perawatan jalan tol yang bisa menyebabkan terganggunya arus lali. “Akan kami hentikan mulai 18 Desember, ” tambahnya. (ria/fth)

Baca juga:  PPKM Level 3 Dibatalkan, Pemkot Pekalongan Tetap Lakukan Pengetatan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya