alexametrics

Petani Bandungan Kembangkan Budidaya Talas Beneng

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Sejumlah petani terus mengembangkan budidaya tanaman talas beneng. Jenis tanaman ini dinilai memiliki nilai ekonomi yang bagus. Sebab, mulai dari daun, batang dan umbi talas bisa dijual dan bernilai ekonomis.

Budidaya tanaman ini mulai dikembangkan di desa Kenteng, Bandungan, Kebumen, dan Sumowono Kecamatan Bandungan.  Bandungan Adventure Jeep Community (BAJC), bersama Komunitas Peduli Alam Lestari Jateng turut ikut dalam mensupport petani. Mereka memberikan 2000 bibit Talas kepada petani. “Sebelumnya kami sudah diberikan juga 5000 bibit tanaman talas. Ini sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi petani,” ujar Perwakilan Komunitas Pristyono Hartanto.

Selain bibit, bahkan sudah ada investor yang siap untuk menerima hasil panen talas beneng. Hal ini untuk memudahkan petani agar tidak kerepotan begitu musim panen tiba. Salah satu investor, Agus Wahyu mengaku bakal bekerjasama langsung dengan petani.

Baca juga:  Butuh Inovasi untuk Penataan Kota Ungaran

Ia berharap para petani dari kelompok tani Budidoyo Desa Kenteng dan Kelompok Tani Kebumen yang mendapatkan bantuan bibit dapat mengemban amanah untuk mengembangkan pertanian tersebut. “Kami akan membeli hasil panen daun talas dan umbinya. Jadi kelompok tani dapat mengembangkan bibitnya dan tidak perlu khawatir pemasaran,” tambahnya.  (ria/fth)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya