alexametrics

Pusdataru Jateng Turun Tangan Bersihkan Enceng Gondok Sungai Buntu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KendalDinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Jateng segera turun tangan, membersihkan enceng gondok di sepanjang aliran Sungai Buntu, Kecamatan Kota Kendal.

Tanaman liar tersebut tumbuh subur memenuhi permukaan sungai. Mulai Jembatan Perumahan RSS ke arah utara sepanjang 2,5 kilometer. Ini sebagai langkah antisipasi menghadapi musim penghujan. Mengingat tahun lalu debit air Sungai Buntu meningkat. Air pun melimpas dan membanjiri permukiman warga.

Berdasar hasil rapat dengan OPD terkait yang diadakan oleh  Kantor SDA Wilayah Bodri Kendal. Rencananya pembersihan akan dilakukan mulai 15 November mendatang. Kegiatan penanganan darurat ini melibatkan beberapa unsur. Yakni Balai Sungai Bendungan Pantai Dinas Pusdataru Provinsi Jateng, Balai PSDA Bodri Kuto, Dinas PUPR Kendal, BPBD Kendal, dan Dinas Lingkungan Hidup Kendal.

Baca juga:  Temukan Telinga Siswa Bermasalah

Selain itu juga melibatkan UPTD PUPR Wilayah 1 Kendal, SDA Wilayah Bodri, Kecamatan Kendal dan Kelurahan Langenharjo.  Dengan gotong royong diharapkan penanganannya akan lebih cepat.

“Menghadapi musim penghujan, kami harus pastikan semua sungai dalam kondisi baik. Bisa menampung debit air hujan. Pembersihan enceng gondok ini salah satu langkah mitigasi bencana yang harus dilakukan agar tidak terjadi banjir,” jelas Kasi Penanggulangan Banjir dan Peralatan Dinas Pusdataru Provinsi Jawa Tengah, Azwar Anas.

Hal senada dikatakan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Langenharjo, Mohammad Syarif Hidayatullah. Ia menambahkan dalam penanganan enceng gondok di Sungai Buntu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan SDA Wilayah Bodri.

Selain itu juga sudah berkoordinasi kepada pihak PUPR Kendal untuk menangani tanggul di bagian utara perumahan yang kondisinya rusak.  “Mudah-mudahan dengan pembersihan enceng gondok nanti, tidak terjadi banjir seperti tahun lalu,” katanya. (bud/zal)

Baca juga:  DP3AKB Asah Keterampilan Emak-Emak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya