alexametrics

Pemkab Semarang Siapkan Dasar Perencanaan Pembangunan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Dinas Kominfo Kabupaten Semarang menyiapkan delapan buku statistik pembangunan. Langkah ini sebagai upaya untuk memenuhi penyediaan data dan informasi sebagai dasar perencanaan pembangunan.

Data dan informasi sektoral tersebut dikumpulkan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) selanjutnya dianalisis oleh tim terpadu bekerja sama dengan BPS dan FE Unnes.

Plt Kepala Diskominfo Valeanto Sukendro mengatakan ada 23 jenis data statistik daerah yang tercakup di dalamnya. Mulai dari letak geografis, kependudukan, pendidikan, keagamaan, inflasi, investasi, keuangan, bahkan partai politik.

“Ini sebagai upaya untuk mempermudah dalam perencanaan pembangunan,” katanya saat sinkronisasi data statistik sektoral Kabupaten Semarang tahun 2021 di lantai II Gedung Dharma Satya Kompleks Kantor Bupati Semarang di Ungaran, Selasa (9/11/2021).

Baca juga:  Menikmati Kedamaian Bukit Cinta Rawa Pening

Dalam kesempatan tersebut Fakultas Ekonomi Unnes memapaparkan hasil Analisa data. Data itu akan menjadi data unggulan daerah karena disusun lengkap dan sesuai kebutuhan konsumen data. “Jadi, semakin banyak data yang ditampilkan akan semakin baik asalkan yang dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Kepala BPS Sri Wiyadi menambahkan, berkaitan dengan publikasi data yang baik adalah sesuai kebutuhan masyarakat. BPS tidak mampu mencukupi permintaan data statistik untuk pembangunan. Publikasi data sektoral semacam ini akan melengkapi data BPS asalkan data terbaru. “Sehingga mudah diakses dan murah,” tambahnya.

Kepala Bidang Sandi dan Statistik Diskominfo Bonar A Cordiaz menambahkan tahapan sinkronisasi data dengan SKPD terkait sangat penting agar publikasi data akurat. Proses analisa oleh tim ahli FE Unnes berlangsung selama tiga bulan.

Baca juga:  Gelontor Rp 10 M untuk Pulihkan Sektor Wisata

Tahap sinkronisasi ini merupakan finalisasi “Data penting, karena bakal jadi acuan dalam merencanakan program pembangunan tahun depan,” tambahnya. (ria/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya