alexametrics

Milenial Dibekali Keselamatan Berlalu Lintas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Korban kecelakaan lalu lintas masih banyak didominasi anak muda atau golongan milenial. Hal ini membuat LPK Mutiara Ungaran menggandeng Satlantas Polres Semarang untuk memberikan sekolah khusus belajar berkendara yang aman dan benar.

Pengelola LPK Mutiara Ungaran Jauhari Marwan mengaku prihatin melihat generasi muda terutama anak SMA yang tak paham keselamatan berkendara. Satu sisi, orangtua dengan mudah memberikan akses bagi anak-anaknya untuk menggunakan kendaraan bermotor. “Ini tentu menjadi masalah serius yang harus diatasi,” katanya saat gelar acara shifting riding di halaman GOR Wujil Pandanaran. Kamis (4/11/2021).

Melihat fenomena itu, pihaknya mulai mengenalkan keselamatan berkendara. Mulai tingkat PAUD hingga SMA harus diperkenalkan pentingnya keselamatan berkendara. Hal itu sebagai upaya untuk menyadarkan keselamatan berlalu lintas dan meminimalisir korban jiwa dalam kecelakaan. “Memang tidak gampang tetapi anak sejak kecil harus disadarkan pentingnya keselamatan berkendara. Minimal traffic light,” ujarnya.

Baca juga:  Pertanyakan Indikator Leveling PPKM

Pihaknya bekerjasama dengan sekolah-sekolah untuk meningkatkan kesadaran berkendara. Pengetahuan keselamatan berkendara harus sudah dipelajari sejak PAUD agar bisa membentuk karakter anak. “Kita prihatin melihat anak-anak yang belum cukup usia naik motor tidak menggunakan alat keselamatan seperti helm. Sehingga kita sasar langsung PAUD,” tambahnya.

Pembina Sekolah Safety Riding SMKN 1 Bancak Burorudin Meistia Nugraha menambahkan SMKN 1 Bancak ada 40 siswa yang ikut mensosialisasikan keselamatan berkendara. SMKN 1 Bancak tidak dilalui angkutan umum ratusan siswa pasti memilih membawa motor. “Minimal harus pakai helm. Kalau ketahuan tidak menggunakan ada sanksinya,” tambahnya. (ria/fth)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya