alexametrics

Ratusan Rumah di Kabupaten Semarang Porak-Poranda Disapu Puting Beliung

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pabelan – Sebanyak 111 rumah di Desa Kauman Lor, Pabelan, Kabupaten Semarang rusak ringan hingga berat akibat diterjang angin puting beliung, Kamis (21/10/2021) sekira pukul 17.00.

Tak hanya itu, gedung sekolah, pondok pesantren hingga balai desa juga tak luput terkena imbas angin kencang tersebut.

Sekretaris Desa (Sekdes) Kauman Lor Muhammad Masukin menerangkan kejadian bermula saat mendung tebal lalu disusul hujan lebat.

Ia menceritakan biasanya jika hendak hujan rintik-rintik dulu. Namun kemarin tidak, langsung hujan deras dibarengi tiga gelombang angin kencang.

Menurut Masukin, gelombang angin kedua yang terbesar sehingga mengakibatkan kerusakan.”Data yang masuk ke kami ada 111 rumah yang rusak bagian atapnya. Selain itu MI Miftahun Najihin, Ponpes Falakiyah serta gedung balai desa Kauman Lor juga mengalami kerusakan,”jelasnya ketika ditemui Jumat (22/10/2021).

Baca juga:  Batik Patron Asli Ambarawa Sudah Diproduksi Sejak Masa Penjajahan Belanda

Dari 111 rumah itu, yang mengalami kerusakan paling parah adalah rumah milik Setyo Pilih, warga Dusun Krajan sebab tertimpa pohon kelapa yang tumbang.

Kepala Harian BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto menjelaskan pihaknya malam itu langsung menurunkan personil dan mengamankan warga yang rumahnya rusak.

“Tidak ada korban jiwa. Hanya kerusakan material bangunan terutama bagian atap dengan total kerugian Rp 25 juta, sedangkan warga yang terdampak langsung diungsikan ke lokasi yang aman,” timpalnya.

Pascakejadian, pemerintah desa setempat segera berkoordinasi dengan Polsek, Koramil serta BPBD Kabupaten Semarang. BPBD juga telah menyalurkan bantuan logistik bagi warga terdampak.

“Bantuan berupa bahan makanan juga sudah kami salurkan. Kami juga mendirikan posko darurat bencana di balai desa untuk memudahkan koordinasi,”lanjutnya. (ria/bas)

Baca juga:  Terdampak Pandemi, Tiga Perusahaan Garmen di Ungaran Tutup

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya