alexametrics


Gudang Wayang Kulit Milik Dalang Kondang Ludes

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Sebuah gudang penyimpanan karawitan wayang kulit dan persewaan resepsi pernikahan, Tri Manunggal, ludes terbakar pada Senin (26/7/2021) malam. Peristiwanya pukul 21.15.

Gudang yang berlokasi di Jalan Kutilang RT 04 RW 01 Kuncen, Ungaran Barat, itu milik dalang kondang, almarhum Sudirman.

Tidak ada korban terluka dalam kejadian tersebut, namun kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Salah satu keluarga, Yan, 30, mengatakan, peralatan dekor dan pakaian hajatan seluruhnya terbakar. Termasuk perlengkapan wayang dan karawitan yang biasa digunakan pentas almarhum. Begitu api di dalam rumah mulai membesar, beberapa karyawan langsung mengamankan kotak berisi wayang kulit peninggalan almarhum. Seluruh wayang berhasil diselamatkan.

“Namun peralatan lainnya tidak memungkinkan diselamatkan, karena api semakin membesar,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Linmas dan Damkar Satpol PP Kabupaten Semarang Aris Muji Widodo menduga kebakaran karena korsleting listrik. Kebakaran diketahui oleh warga sekitar yang sedang duduk-duduk di depan rumah. Warga curiga karena mendengar suara seperti benda terbakar. Saat kejadian gudang dalam kondisi kosong. Beberapa saat kemudian karyawan datang membuka gudang dan menyelematkan barang-barang seadanya yang belum terbakar di lantai bawah.

“Sekitar pukul 21.00. Di dalam hampir semua barang-barang berbahan kayu dan kain, sehingga mudah terbakar,” jelasnya. Selasa (27/6/2021).

Proses pemadaman dilakukan tim Damkar dari Posko BPBD Ungaran, Posko Ambarawa, dan Posko Bringin. Petugas juga dibantu relawan. “Kami menerjukan tujuh unit kendaraan pemadam kebakaran. Api berhasil dipadamkan hingga tuntas sekitar pukul 22.45,” pungkasnya. (ria/zal)

 

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya