alexametrics

Kodam IV Bantu Kebut Revitalisasi Rawa Pening

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ambarawa – Kodam IV/Diponegoro menurunkan pasukan untuk membantu percepatan revitalisasi Rawa Pening. Membantu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) membersihkan tanaman enceng gondok.

Pandam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto menurunkan, pihaknya telah menerjunkan tim dari Yon Zipur 4/TK  untuk membersihkan enceng gondok. Dengan dibantu masyarakat.

Selama proses revitalisasi, petugas banyak menemukan kendala, seperti kepemilikan tanah pada area sempedan-badan air, gulma air eceng gondok, maupun Karamba Jaring Apung (KJA).

Berkaitan dengan hal tersebut, Pangdam menegaskan, percepatan harus segera dilakukan guna mengejar taget yang telah ditentukan.

“Pengerahan alat-alat berat juga harus dimaksimalkan, serta penertiban keramba juga harus dilakukan. Saya minta semuanya tertib administrasi,” tegasnya Selasa (20/7/2021).

Baca juga:  Rawa Pening Berubah jadi Hamparan Sawah

Sebelumnya, Kodam IV/Diponegoro dengan BBWS Pemali Juana sepakat membuat Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam menangani berbagai persoalan tersebut.

“Kami siap membantu penanganan dengan metode Swakelola Type II melalui penguatan pembinaan teritorial bertajuk Rawa Pening Bersinar Jateng Gayeng,” pungkasnya.

Diketahui Rawa Pening membentang di Kecamatan Ambarawa, Tuntang, Banyubiru dan Bawen. Memiliki total luas badan air danau sekitar 2.387 hektare, volume tampungan danau 48,15 juta meter kubik dan kedalaman antara 0,35 hingga 10 meter. Dari luas tersebut eceng gondok yang terdapat pada badan air tercatat 507,63 hektare.

Keadaan ini mengakibatkan sedimentasi sekitar 55 milimeter per tahun. Sehingga sangat berpengaruh terhadap pemanfaatan untuk irigasi, air baku, pembangkit listrik dan juga pengendali banjir. (ria/zal)

Baca juga:  Dinding RSUD Ambarawa Retak Akibat Gempa, Pasien Dievakuasi ke Lantai 1

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya