alexametrics

Dua Perusahaan Asing di Kabupaten Semarang Disidak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang melakukan sidak di dua perusahaan asing. PT MOD Indonesia dan PT Hop Lun Indonesia. Sidak tersebut untuk memonitoring kelengkapan data administrasi perusahaan yang digawangi warga negara asing tersebut.

Kepala Inteldakim Semarang Alvian Bayu mengatakan, kegiatan tersebut mengacu pada UU Nomor 6 2011 terkait kewajiban WNA memenuhi update data ketika memutuskan untuk bekerja atau singgah di Indonesia.

Ketika sidak di PT MOD INDO yang bergerak di bidang garmen, Bayu mengatakan, sejauh ini semua tertib. Hanya ada satu kendala terkait pemindahan alamat rumah yang belum diperbarui.

“Ada 14 tenaga asing di sini. Tadi (30/6/2021) sudah kami cek, aman. Semua patuh, hanya ada satu hal perubahan alamat pekerjaan yang belum tersampaikan. Belum tercantum di sistem keimigrasian. Kami meminta untuk segera diganti dalam minggu ini,” ungkapnya usai sidak Rabu (30/6/2021).

Baca juga:  Hilang Kendali, Mobil Tabrak Rumah Warga

Sidak melibatkan petugas Dispendukcapil, Disnaker, dan Kesbangpol Kabupaten Semarang. Ketiga dinas tersebut merupakan rekanan Kantor Imigrasi guna mengetahui keberadaan WNA di Kabupaten Semarang.

 

Pihaknya mengaku di saat pandemi ini, yang menjadi sorotan bertambah. Kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Apalagi, kelonggaran kebijakan dari pemerintah, membuatnya harus lebih jeli.

“Di masa pandemi ini juga kami memastikan manajemen mengantisipasinya seperti apa. Karena kita tau TKA (tenaga kerja asing) ini dari India,” ujarnya.

Sementara itu General Manager PT MOD INDO Surya Sumagasiwa menjelaskan, semua pekerjaan asing yang berasal dari India sudah tidak boleh pulang ke negara asal. Mereka tinggal di Ungaran. Hal itu dilakukan karena memang tidak ada pesawat yang berangkat.

Baca juga:  Pembelajaran Tatap Muka di Kabupaten Semarang Aman

“Semua pekerjaan tidak ada yang pulang. Untuk pekerjaan asing juga sudah vaksin. Kalau administrasi data pewagai asing kami selalu utamakan,” terangnya. (ria/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya