alexametrics


Sumur Produktif untuk Desa Kekeringan

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Warga Dusun Durenan, Desa Wonorejo, Pringapus, Kabupaten Semarang, mulai bernafas lega. Sebab, kekeringan yang sering terjadi bakal segera teratasi. Dengan adanya bantuan wakaf produktif untuk pengeboran sumur sedalam 50-100 meter.

Lokasi perbukitan tersebut, sebagian sumber air mengandung belerang. Saat musim hujan, sumur menghasilkan debit air. Tapi banyak warga mengeluh karena airnya tidak bersih. “Kalau untuk dikonsumsi kurang bagus dan nggak layak,” kata Sekretaris Pembangunan Sumur Bor Yudhi Alamsyah.

Kondisi itu membuat ACT dan Global Wakaf turun tangan dengan program wakaf air produktif, kategori sumur wakaf konsumtif, segmentasi sumur wakaf masjid. Dengan dana wakaf, sumur ini akan dibangun dengan kedalaman 50-100 meter. “Sehingga air yang didapatkan benar-benar bersih dan layak konsumsi,” ujarnya.

Dengan adanya sumur wakaf dari ACT dan Global Wakaf tentu warga akan terbantu. Warga mengucapkan terimakasih. Dengan harapan nantinya ketika debit air ini bisa melimpah jumlahnya dan bisa dinikmati bisa dirasakan warga. “Bisa dikonsumsi oleh warga dan seluruh tempat ibadah yang sejumlah 2 mushola dan 1 masjid bisa kami berikan manfaatnya,” tambahnya.

Program ACT Kabupaten Semarang Elvan Ardi mengatakan, wakaf itu untuk meringankan beban masyarakat. Pihaknya bersyukur pengeboran sudah bisa dimulai. Warga dan tim pengeboran sangat antusias untuk segera merealisasikan sumur bor ini agar kesulitan air di Dusun Durenan teratasi.

“Sempat ada kendala karena mata bor patah membentur batu di kedalaman 12 meter. Tapi tidak mengalahkan semangat para warga dan tim pengeboran. Besok akan dilanjutkan lagi, semoga tidak ada kendala yang berarti,” tambahnya. (fth/zal)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer