alexametrics

Ketahuan Menambah Kapasitas Truk, Didenda Rp 10 juta

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Angkutan over dimension overload (Odol) di Kabupaten Semarang mulai ditindak secara hukum. Sanksi dijatuhkan kepada pemilik angkutan yang memodifikasi truknya hingga over kapasitas.

Salah satunya Supardi. Warga Gresik itu, ketahuan menambah kapasitas truknya. Ia harus membayar denda Rp 10 juta subsider kurungan satu bulan. Truk dengan nomor polisi W 9724 CA itu, mengangkut karton dari Gresik tujuan Semarang, tertangkap saat dilakukan uji kapasitas di jembatan timbang Klepu.

Staf Sarana Prasarana Transportasi Jalan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Paridi mengatakan, angkutan Odol melanggar ketentuan karena ada penambahan dimensi yang tidak sesuai peraturan. Daya angkut bertambah sehingga kemampuan mesin berkurang. Kondisi ini menyebabkan angkutan melambat, ada antrean hingga timbul kemacetan. “Ini juga berbahaya bagi pengguna jalan lain,” ujarnya.

Baca juga:  Sidaya Bantu Promosikan Seni dan Budaya Lokal

Penambahan dilakukan dari ukuran boks 6.000 mm menjadi 8.300 mm. “Sehingga panjang total menjadi 10.000 mm dari seharusnya 8.120 mm,” bebernya.

Angkutan yang telah dimodifikasi Odol saat akan pengujian berkala pasti akan ditolak petugas. Pihaknya memberi waktu enam bulan untuk melakukan normalisasi ukuran di bengkel resmi. Setelah memenuhi ketentuan akan diberi stiker khusus sebagai tanda.

Pihaknya menegaskan, kewenangan penindakan dapat dilaksanakan saat angkutan masuk ke jembatan timbang. Pemerintah menargetkan pada 2023 sudah tidak ada kendaraan Odol yang beroperasi di jalanan. Saat ini pihaknya sedang melakukan sosialisasi agar kendaraan, terutama buatan sebelum 2019 dilakukan normalisasi ukuran di bengkel resmi.

“Jadi kalau kendaraan pernah melakukan uji KIR, dan ada pelanggaran langsung diarahkan ke karoseri yang mempunyai izin,” terangnya.

Baca juga:  Pelopor Desa Anti Korupsi di Jawa Tengah

Kalau belum KIR harus mencari Surat Keterangan Rancang Bangun (SKRB) untuk pedoman normalisasi ukuran. (ria/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya